October 27, 2024
Pariwisata

Tokoh Pariwisata Bali, Dr. Mangku Nyoman Kandia Tutup Usia

Gianyar-kabarbalihits

Dunia pariwisata Bali kembali berduka atas berpulangnya salah seorang tokoh pariwisata, Dr. Mangku Nyoman Kandia, M.Ag, selasa (16/1/2024). Tokoh dengan berbagai jabatan strategis di dunia pariwisata ini menjalani ke peristirahatan terakhir pada Rabu, 17 Januari 2024, di Punduk Dawa Klungkung.

Mangku Kandia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Ngoerah setelah mendapatkan perawatan di Instalasi Gawat Darurat akibat diduga serangan jantung. Kehilangan ini tidak hanya menjadi duka bagi keluarga almarhum, tetapi juga dirasakan oleh rekan-rekan, kerabat, dan para praktisi pariwisata.

Lahir pada 25 Februari 1966, Mangku Kandia, putra daerah asal Banjar Batan Ancak, Desa Mas, Ubud, Gianyar, menyelesaikan karir cemerlangnya pada usia 58 tahun. Beliau memulai perjalanan profesionalnya sebagai pemandu wisata Prancis pada usia 18 tahun dan terus meniti karir, mendirikan Awi Tour sebagai agen perjalanan di Bali pada tahun 2001.

Sosok yang penuh gagasan dan dedikasi ini meninggalkan jejaknya dalam pengembangan pariwisata Bali secara keseluruhan, terkhusus di Kabupaten Gianyar. Dengan keaktifannya di dunia pariwisata, Dr. Mangku Nyoman Kandia dipercayakan untuk memimpin beberapa organisasi strategis, seperti menjadi Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Bali dari tahun 2001 hingga 2011, serta menjabat sebagai Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia pada tahun 2013.

Pada tahun 2018, almarhum mencetuskan Desa Wisata Nusantara (DEWISNU Foundation), memperkuat perannya sebagai tim ahli Bupati Gianyar, dan menjadi Ketua Jejaring Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Bahkan, dalam menghadapi tantangan pandemi, Mangku Kandia mencetuskan Komunitas Pariwisata Gianyar (KPG) pada tahun 2020 untuk memberikan dukungan kepada pekerja pariwisata yang terdampak.

Kini, kita hanya bisa melanjutkan gagasan dan pemikiran yang telah lahir dari Mangku Nyoman Kandia. Selamat jalan, pelopor pariwisata! Warisan luar biasa yang ditinggalkan beliau akan terus menginspirasi dan menjadi panduan bagi generasi mendatang.(kbh2)

Related Posts