October 14, 2024
Politik

Maju DPRD Badung, Nyoman Artawa Siap Perjuangkan Kompetensi SDM Desa Wisata

Badung -kabarbalihits

Siapa yang tak kenal Desa Carangsari. Desa yang sudah bertahun-tahun menjadi desa wisata di Kabupaten Badung, sepertinya perlu dipoles lagi untuk memajukan desa wisata di kawasan yang terkenal dengan kampung Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Melihat banyaknya potensi pariwasta tersebut, Tokoh masyarakat Carangsari yang juga Calon Legislatif Golkar DPRD Badung Dapil Petang I Nyoman Artawa kembali tergerak untuk melakukan penataan di Desa Paling selatan di Kecamatan Petang ini.

Untuk memaksimalkan potensi desanya tersebut, Nyoman Artawa memiliki gagasan untuk meningkatkan kompotensi sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan pariwisata. Hal ini juga mendorong dirinya mengabdi sehingga ikut berkontestasi dalam pemilihan legislatif tahun 2024 mendatang. “Kita selaku generasi muda khususnya dari Desa Carangsari ingin memberikan manfaat kepada masyarakat dari apa yang menjadi program -program pemerintah khusunya Kabupaten Badung bisa benar benar sampai ke masyarakat,”ucapnya yang ditemui Selasa (12/12/2023).

Desa Carangsari dengan penduduknya yang bergelut di sektor pertanian kurang lebih mencapai 80 persen, juga sudah ditetapkan menjadi Desa Wisata oleh Pemerintah Kabupaten Badung. “Jika kami diberikan kesempatan oleh masyarakat lolos menjadi wakil rakyat di DPRD Badung, kami akan arahkan Desa Wisata Carangsari ini benar -benar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Carangsari. Masyarakat dapat melakukan andil, dengan membuat penginapan (homestay). Pemerintah juga harus memberikan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat termasuk generasi muda dalam bidang bahasa, meski kita ketahui bersama anak -anak muda juga telah banyak terjun di sektor pariwisata,”paparnya.

Masih dalam upaya pengembangan Desa Wisata, Nyoman Artawa yang juga mantan Perbekel Carangsari ini berharap pemerintah dapat mensuport kegiatan ini melalui anggaran.” Dengan ini masyarakat kami rasa, akan benar -benar merasakan manfaat dari Desa Wisata. Untuk itu di masyarakat SDM harus benar -benar disiapkan melalui pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah. Kami yakinkan penyiapan SDM kompeten harus ada ada peran pemerintah,”tegasnya.

Baca Juga :  Pilkel Berjalan Baik, Panitia Pilkel Desa Gulingan Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung

Menurut Nyoman Artawa jika Desa Wisata telah dirasakan manfàatnya oleh masyarakat khususnya generasi muda tentu akan menjadi lapangan pekerjaan bagai masyarakat desa tanpa perlu jauh -jauh ke kota bahkan luar negeri untuk memperoleh pekerjaaan. “Secara otomatis masyarakat akan terlibat langsung dalam pembangunan desa. Karena tidak sedikit generasi muda yang ke luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan baik di kapal pesiar maupun pertanian,”ungkapnya. (kbh6)

Related Posts