February 22, 2024
Daerah Politik

Petugas KPPS Khusus Perempuan Meningkat di Wilayah Badung, Siap Bertugas di 32 TPS

Badung-kabarbalihits

Partisipasi kaum perempuan menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Kabupaten Badung meningkat pada Pemilu 2024.

Terdata oleh KPU Badung, pada Pemilu 2019 petugas KPPS khusus perempuan hanya terdapat di 4 TPS, yang berada di Kuwum – Mengwi, Baha – Mengwi, Jimbaran dan wilayah Kuta Utara. Namun pada Pemilu tahun ini, 32 TPS di wilayah Badung akan diisi KPPS perempuan.

Menurut Ketua KPU Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, keterllibatan kaum perempuan menjadi petugas KPPS mengalami peningkatan pada Pemilu 2024, yang nantinya akan mengisi 32 TPS di 6 Kecamatan wilayah Kabupaten Badung.

Disebut terkhusus di Desa Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, kaum perempuan yang terlibat pada penyelenggara Pemilu 2024 terdapat di 9 TPS dari total 20 TPS yang ada.

“jadi kami berikan apresiasi kepada kawan-kawan perempuan di Badung yang memanh sidah turut berpatisipasi mau menyiapkan dirinya menjadi penyelenggara Pemilu,” jelas I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra saat ditemui di halaman Mapolresta Denpasar, Sabtu (28/1/2024).

Gusti Yusa Arsana menampik bahwa adanya arahan khusus terkait peningkatan kaum perempuan yang dilibatkan menjadi penyelenggara Pemilu. Pihaknya hanya meminta kepada petugas PPK dan PPS untuk menyiapkan 1 TPS khusus perempuan.

Baca Juga :  Kinerja KPU Tidak Berpengaruh Pada Proses Seleksi Calon Anggota KPU

Namun saat pendaftaran dibuka, minat dari kaum perempuan sangat tinggi terlibat dalam Kepemiluan. Ini juga disebut menjadi bukti bahwa tidak ada perbedaan gender dalam Penyelenggaraan Pemilu di Badung.

“kesempatan kepada kaum perempuan untuk berpatisipasi aktif di dalam Pemilu sudah kita buktikan,” pungkasnya. (kbh1)

Related Posts