October 14, 2024
Sosial

Warga Banjar Adat Buana Kubu Siap Hadapi Pemilu 2024, Diawali Coblos Kelian Adat

Denpasar-kabarbalihits

Warga Banjar Adat Buana Kubu, Desa Adat Padangsambian, Denpasar Barat menyatakan kesiapannya menghadapi Pemilu 2024, yang dibuktikan saat dilaksanakannya proses pemilihan Manggala Adat (Kelian Adat) berjalan dengan tertib dan aman, yang berlangsung di Banjar setempat, pada Minggu (10/12/2023).

Suksesnya proses pemilihan Manggala Adat Banjar Buana Kubu ini dilakukan dengan cara mencoblos, layaknya Pemilihan Umum.

Menurut Ketua Panitia Acara, I Wayan Sunarta, digelarnya pemilihan ini telah dilakukan secara demokratis. Warga adat menggunakan hak suaranya dengan memilih salah satu nama dari 3 nama calon kelian adat yang telah ditetapkan sebelumnya pada rapat anggota Banjar. Nantinya nama yang terpilih agar dapat mengabdi sebagai kelian adat dalam mengemban tugas di Banjar.

“demokrasi telah berjalan di Banjar, sistem kekeluargaan agar benar-benar mengabdi di Banjar,” pungkasnya.

Proses pemilihan kelian adat ini pun dipandang sebagai pertanda kesiapan bagi warga Banjar Adat Buana Kubu dalam Pemilu 2024 mendatang.

“selanjutnya sudah pasti akan siap untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Denpasar, Provinsi, ataupun pemilihan Presiden, sudah siap melakukan pemilihan demokrasi 2024,” tegasnya.

Pada proses pemilihan kelian adat ini, awalnya 3 calon yang bernama I Ketut Warta, I Nyoman Suarsana dan I Ketut Budiarta menyampaikan visi misinya dihadapan 163 anggota Banjar Adat Buana Kubu yang hadir. Selanjutnya anggota Banjar dipersilahkan memilih salah satu nama calon tersebut dengan cara mencoblos pada surat suara.

Setelah pencoblosan, diketahui dari 163 surat suara yang ada, dinyatakan tidak sah hanya 1 surat suara. Dimana calon bernama I Ketut Warta unggul dari 2 calon lainnya dengan mengantongi 79 suara.

Dengan terpilihnya Ketut Warta menjadi kelian adat Banjar Buana Kubu diharapkan dapat merancang program kerja kedepannya baik dalam pemberdayaan masyarakat, termasuk infrastruktur yang ada di lingkungan Banjar Buana Kubu. (kbh1)

Related Posts