October 14, 2024
Ekonomi

LDP Sanatana Tingkatkan Kualitas SDM Sejumlah Koperasi Di Denpasar Secara Mandiri

Denpasar-kabarbalihits

Dalam langkah positif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) koperasi di Kota Denpasar, sejumlah koperasi secara mandiri mengikuti pelatihan dan uji yang diselenggarakan oleh Lembaga Diklat Profesi (LDP) Sanatana. Acara ini berlangsung pada Senin (04/12) di Bar Barac, Sanur Denpasar Selatan, dengan dihadiri oleh I Made Widiana, S.Sos., M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKMP Kabupaten Badung, sebagai instruktur.

Kegiatan ini menyoroti pelaksanaan RCC (Rapat, Coaching, dan Counseling) untuk manajer termasuk diklat dan uji kepada pengawas, dan pengurus koperasi. Sebanyak 19 orang mengikuti RCC manajer, 22 orang mengikuti diklat pengurus, dan 17 peserta mengikuti diklat pengawas. Para peserta mendapatkan materi dari asesor LSP Perkoperasian Indonesia dan asesor LSP KJK Jakarta.

Komisaris LDP Sanatana, Jro Mangku Sumardana, BBA., SE menjelaskan bahwa metode yang diterapkan dalam diklat dan uji ini fokus pada kualifikasi peserta untuk memenuhi standar kualitas SDM perkoperasian. “Proses ini mencakup pengecekan kelengkapan lembaga koperasi, seperti AD/ART, pesus, serta SOP-SOM berdasarkan portofolio masing-masing unit kompetensi,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, S.E., M.Si menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif koperasi dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan secara mandiri. Ia menekankan bahwa pola mandiri yang diadopsi oleh koperasi adalah suatu hal luar biasa.

“Pelatihan ini tidak hanya sebagai investasi saat ini, melainkan juga sebagai investasi jangka panjang yang akan memberikan hasil positif pada masa depan. Saya berharap bahwa setiap tahun SDM koperasi akan terus menerima pelatihan guna terus memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya,” pungkasnya.(kbh2)

Related Posts