October 14, 2024
Pendidikan

Stikes Wira Medika Bali Gelar Lomba Bergengsi Kepalangmerahan Tingkat SMA/ SMK se-Bali

Denpasar – kabarbalihits

Stikes Wira Medika sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan terbaik di bali, menyelenggarakan lomba Bergensi First Aid Competition tingkat SMA/SMK se-bali, bertempat di Kampus Stikes Wira Medika Bali Jalan Jalan Kecak No. 9A Gatot Subroto Timur, Denpasar, Bali, Minggu (12/11).

Perlombaan bergengsi tentang kepalangmerahan yang diselenggarakan oleh KSR Kusuma Mandala Stikes Wira Medika Bali dengan tema “Meningkatkan Kualitas Generasi Muda yang Sportif dalam Solidaritas Kepalangmerahan, diikuti sangat antusias oleh puluhan tim peserta dari PMR yang berasal dari SMA/SMK seluruh bali.

Ketua StiKes Wira Medika Bali, Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsana, MM., mengatakan First Aid Competition dimaksdukan untuk memberikan motivasi agar jiwa sportivitas, jiwa kepedulian terus terbina disamping meningkatkan kompetensi dan ketrampilan untuk melakukan pertolongah pertama, sehingga peran mereka di dalam kepalangmerahan betul-betul bisa berperan secara aktif untuk masyarakat.

“Kedepan kegiatan kepalangmerahan yang diselengarakan oleh KSR Kusuma Mandala Stikes Wira Medika Bali bersama PMI diharapkan dapat terus dilaksanakan karena peran mereka sangat membantu pemerintah dalam hal kebencanaan” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dewa Agung sangat mengapresiasi semangat generasi muda untuk untuk terlibat dalam kepalangmerahan ini benar-benar luar biasa, sehingga hal ini harus terus diwadahi dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan partisipasi aktif generasi muda dalam bidang kepalangmerahan.

” Dengan kehadiran adik-adik kita dari berbagai sekolah SMA/ SMK dari seluruh bali, mulai dari singaraja, karangasem, bangli dan berbagai daerah lainnya menunjukkan indikator bahwa minat mereka untuk terlibat dan berperan aktif didalam dunia kesehatan sangat besar. Kedepan kami berharap mereka bisa bergabung di Stikes Wira Medika Bali, bersama-sama meningkatkan pendidikannya sehongga disatu sisi mereka bisa mempunyai peran dan kompetensi yang bisa digunakank dalam rangka memebrikan pertolongan kepada sesama” imbunya.

Plt Wakil Ketua Bidang Pelatihan dan Relawan PMI Kota Denpasar, I Putu Suta Wijaya sanagt megapresiasi lomba kepalangmerahan yang diselenggarakan oleh Stikes Wira Medika Bali. Dengan adanya lomba seperti ini tentu merupakan hal yang positif karena bisa menjadi ajang evaluasi dari pelatihan-pelatian yang sudah diberikan. Sudah seberapa jauh penyerapannya kemudian seberapa besar itu bisa diaplikasikan.

” Harapannya semoga KSR-KSR di kota denpasar mereplikasi ini sehingga peluang untuk mengevaluasi diri bagi seluruh anggota PMI di seluruh bali semakin besar peluangnya” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia First Aid Competition, Ni luh Ayu Cahyani megatakan lomba ini diikuti oleh 20 tim dari seluruh bali seperti dari seririt buleleng, Tembuku bangli, badung, denpasar dan selat karangasem. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meberikan ilmu pengetahuan kepada PMR SMA/SMK se-bali sehingga bisa membantu jika terjadi bencana di lingkungan sekitar.

“Antusian dari peserta untuk mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa, dan semoga materi yang diberikan atau pengalaman yang didapat dalam lomba ini dapat diterapkan nantinya oleh peserta. Bagi adik-adik yang ingin lebih mendalami tentang ilmu kesehatan maupun medalami tentang kepalangmerahan dapat bergabung di Stikes Wira Medika Bali yang merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan terbaik di bali” pungkas mahasiswi keperawatan yang murah senyum ini.

Beberapa peserta lomba semperti Ni Putu Yuni Ratna Duhita dari SMAN 1 Tabanan, I Wayan Widiarta dari SMAN 1 Selat Karangasem, AnaK Agung Ketut Adi Juniari dari SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar dan Ni Luh Eva Widiantari dari SMAN 1 Gianyar sangat mengapresiasi lomba kepalangmerahan yang diselenggarakan oleh Stikes Wira Medika Bali, dan berharap lomba seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan berlangsung secara berkelanjutan.

Mereka juga menjelaskan bahwa Stikes Wira Medika Bali merupakan perguruan tinggi kesehatan yang sangat berkualitas dan mengajak lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan di bidang kesehatan dapat menempuh pedidikan di Stikes Wira Medika Bali.

Baca Juga :  Fakultas Pertanian UNUD Beri Pelatihan Prosesing Benih Bagi SDM Timor Leste

Dalam lomba First Aid Competition tingkat SMA/SMK se-bali kali ini juara satu diraih oleh Tim dari SMAN 4 Denpasar, Juara 2 diraih Tim SMAN 5 Denpasar dan juara 3 diraih oleh Tim dari SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. (kbh5)

Related Posts