December 6, 2023
Daerah Seni Budaya

Festival Seni Budaya Badung Meriah dengan Lomba Baleganjur Tingkat Remaja

Badung-kabarbalihits

Festival Seni Budaya ke-14 di Kabupaten Badung semakin meriah dengan diselenggarakannya Lomba Baleganjur tingkat remaja. Acara ini diikuti oleh enam seka Baleganjur kelompok remaja yang berkompetisi memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.

Lomba Baleganjur tingkat remaja ini digelar di Lobby Balai Budaya Giri Nata Mandala pada Minggu malam (12/11) dan dihadiri oleh juri-juri berkompeten. Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Kadek Sandra Widari, menjelaskan bahwa lomba tersebut berhasil menciptakan bibit-bibit seni yang berpotensi di bidang kesenian.

“Kelompok remaja yang berpartisipasi dalam lomba ini sesuai dengan umur peserta, yaitu antara 15 sampai 18 tahun per bulan Desember 2023,” ujar Sandra.

Dalam lomba Baleganjur, peserta diberikan waktu durasi garapan antara 10-11 menit. Penilaian dilakukan dengan berbagai kriteria, termasuk Ide/Gagasan, Kreativitas, Teknik Gegebug dan Tetekep, Bentuk/Komposisi Garapan/Ekspresi, Suara Gamelan, Penampilan/Keserasian Kostum, dan Ekspresi Lagu.

“Para pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa Juara I, II, III, dan juga Juara Harapan. Hadiah yang telah ditetapkan adalah Juara I sebesar Rp 40 Juta, Juara II Rp 38 Juta, dan Juara III Rp 36 Juta. Sementara Juara Harapan I akan mendapatkan Rp 34 Juta, Harapan II Rp 32 Juta, dan Harapan III Rp 30 Juta,” ungkapnya.

Beberapa kelompok remaja yang tampil dalam lomba ini antara lain Komunitas Bisikan Suara, SMA Negeri 1 Kuta Utara, Komunitas Kusalawa, Sanggar Seni Sudha Wirad Canggu, SMK Negeri 4 Bangli, dan SMK PGRI 3 Badung.

Festival Seni Budaya ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-14 Ibu Kota Mangupura dan diselenggarakan di open stage Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung. Semakin mengukuhkan posisi Badung sebagai pusat seni dan budaya yang kreatif dan dinamis.(r)

Related Posts