April 15, 2024
Seni Budaya

Puncak Karya Atma Wedana Paibon Delod Bingin, Disel Astawa Ucapkan Terima Kasih Kebersamaan Krama Penyungsung

Badung -Kabarbalihits

Puncak Karya Atma Wedana Memukur Nyatur Rebah Paibon Delod Bingin Bendesa Tangkas Kori Agung Desa Adat Ungasan dilaksanakan Anggara Wage Matal 10 Oktober 2023.

Dengan berbagai prosesi upacara diantaranya murwa daksina, utpeti puja dan stiti puja. Karya ini juga merupakan rangkaian dari Karya Pitra Yadnya Pengabenan yang telah dilaksanakan pada September 2023 lalu.

Sejak pagi krama Dadia Paibon Delod Bingin Ungasan tampak memadati Bale peyadnyan untuk melaksanakan Puncak Karya Atma Wedana Memukur Nyatur Rebah yang dipuput 2 orang sulinggih siwa buda. Ditemui usai pelaksanaan puncak karya ini, Manggalaning Karya Atma Wedana Memukur Nyatur Rebah Paibon Delod Bingin Ungasan, I Wayan Disel Astawa menyampaikan pelaksanaan karya penyekahan ini sudah diawali pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan upacara metatah yang diikuti pratisentana Dadia Delod Bingin Ungasan.

“Kemudian dilanjutkan dengan ngingsah beras serta prosesi ngangget don bingin,”ucapnya.

Pada puncak karya Atma Wedana yakni Anggara Wage Matal 10 Oktober 2023 lanjut Wayan Disel Astawa, diawali dengan prosesi upacara ngemargiang banten pekibeh, ngias atau ngajum puspa, ngajum sangge serta pemlaspas puspa adapun Karya Atma Wedana ini diikuti 18 puspa.

“Eedan selanjutnya dilaksanakan upeti setiti puja dengan wali topeng, sekaa santi, wayang lemah, mamutru serta prosesi lainnya,”jelasanya.

Sedangkan prosesi Ngeliwet rayunan pitra dilaksanakan pada sore harinya. Disel Astawa yang juga Bandesa Adat Ungasan ini mengatakan upacara nganyut ke segara dilaksanakan pada 11 Oktober 2023. Selaku manggala karya sekaligus pemilik puspa bersama krama penyungsung Paibon Dadia Delod Bingin Bandesa Tangkas Kori Agung
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi menyuksekan karya yang merupakan agenda rutin setiap 5 tahun.

Baca Juga :  Komitmen Bupati Giri Prasta Di Tengah Pandemi Covid-19, Badung Segera Salurkan BST Bagi Masyarakatnya Yang Paling Terdampak 

“Termasuk prajuru, sabha pemangku, mangku kahyangan tiga, krama pengarep, Banjar langui, Banjar Giri Darma, warga paibon lanang istri, sekaa tabuh serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Kami selaku manggala karya beserta krama penyungsung Paibon Dadia Delod Bingin Bandesa Tangkas Kori Agung ngaturang suksma agung antuk ayah -ayahan dane sareng sami,”ujarnya.

Secara khusus Wayan Disel Astawa berharap puspa yang diupacarai bisa segera mencapai moksa. Dan pratisentana atau generasinya mendapatkan keselamatan, kerahayuan, sukerta, kedek pakenyung, paras paros sagilik saguluk salunglung sabayantaka serta santi lan jagatdhita. (Kbh6) 

Related Posts