October 27, 2024
Hukum Peristiwa

Bule Dorong Polisi Berhasil Diamankan, Ditetapkan Jadi Tersangka

Denpasar-kabarbalihits

Polisi akhirnya berhasil mengidentifikasi warga asing yang mendorong seorang petugas Satlantas saat diberhentikan karena melanggar lalulintas, di Pospol Simpang Sunset Road – Imam Bonjol. Sehingga bule yang diketahui berasal dari Inggris tersebut ditetapkan menjadi tersangka.

Kabis Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan, peristiwa terjadi berawal dari anggota polisi yang bertugas saat itu memutuskan untuk memberi teguran dan memerintahkan warga asing yang diberhentikan agar tidak melakukan pelanggaran, dengan wajib mengenakan helm pada penumpang yang diboncengnya. Merasa tidak diterima ditegur, secara tiba-tiba bule itu mendorong petugas.

“inisiatif dari anggota diskresi kepolisian, pada saat itu mempersilahkan yang bersangkutan meninggalkan lokasi, karena menimbang saat itu arus lalu lintas cukup padat dan ramai, macet banyak yang melihat,” jelas Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Rabu (20/9/2023).

Usai kejadian, petugas Satlantas Aiptu Puji Santoso langsung membuat laporan dan ditindaklanjuti oleh petugas Polresta Denpasar. Dari hasil penelusuran identitas kendaraan yang telah dicatat petugas, diketahui pelaku adalah warga negara Inggris atas nama Adam Alexander Muray (31).

Petugas juga telah berkoordinasi dengan imigrasi untuk mencekal pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan melanggar pasal 212 KUHP tentang melawan petugas, dengan ancaman pidana maksimal satu tahun penjara.

“proses hukum sedang berjalan, anggota sudah dilakukan visum. Sudah mengambil keterangan saksi-saksi yang ada. Selanjutnya tetap koordinasi ndengan imigrasi untuk lebih lanjut di deportasi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Temui Titik Terang, Pria Penodong Di SPBU Segera Ditangkap

Sebelumnya beredar luas di media sosial video yang menggambarkan seorang warga asing melawan dan mendorong petugas Satlantas Polresta Denpasar saat diberhentikan, karena rekan yang diboncengnya tidak mengenakan helm. Peristiwa itu terjadi di depan Pos Polisi simpang Sunset Road – Imam Bonjol pada senin lalu, (18/9/2023). (kbh1)

Related Posts