May 19, 2024
Politik

Koperasi SGK Bali Bentukan Golkar Bali Bantu Pembiayaan Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Denpasar -Kabarbalihits

Doktrin Karya Kekaryaan Partai Golkar betul- betul diimplementasikan DPD Partai Golkar Bali. Terbukti, Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya (SGK) Bali bentukan DPD Partai Golkar Bali sukses menyalurkan bantuan kredit pembiayaan bagi generasi muda bali atau tenaga kerja yang akan berangkat bekerja di luar negeri di darat maupun kapal pesiar.

Selasa (12/9), bertempat dikantornya, Jalan Gatot Subroto Timur 10 D Denpasar, kredit pembiayaan ini secara perdana diserahkan kepada 12 orang penerima yang berasal dari kabupaten /kota di Bali.

Turut Hadir Ketua DPD Partai Golkar Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry serta beberapa pengurus lainnya diantaranya Sekretaris Dr. Made Dauh Wijana dan Dr. Komang Suarsana, Ketua Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali Dr. Nyoman Diana, CEO & Founder International Career Center Antoni Sukmajaya selaku partner koperasi serta undangan lainnya.

Nyoman Sugawa Korry berkesempatan memberikan pembekalan dan motivasi kepada ratusan calon PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang mengikuti final interview maupun yang sudah siap untuk berangkat kerja ke luar negeri.

Mengawali pembekalannya, Sugawa Korry mengapresiasi dan memuji para calon PMI ini sebagai generasi muda yang berani dan mandiri. Selain itu kata sugawa korry para generasi muda ini merupakan sosok yang berani mengatasi masalah diri sendiri dan masalah tenaga kerja. Bahkan pujinya lagi calon PMI ini juga telah mampu membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi pemerintah yakni mengatasi pengangguran.

“Dengan keberanian dan kemandirian saudara, saudara telah menyumbangkan hal yang sangat berarti untuk negara ini yaitu menyumbangkan devisa pada saatnya nanti. Maka dengan demikian sangat layak kalau saudara-saudara adalah pahlawan devisa dari Provinsi Bali,” ujarnya.

Politisi senior asal Banyuatis Buleleng ini menilai keputusan para generasi muda ini untuk bekerja di luar negeri adalah keputusan yang sangat tepat dan sangat perlu didukung. Oleh karena itulah Partai Golkar Bali selalu melakukan langkah-langkah yang sifatnya membantu mengatasi persoalan yang dihadapi daerah ini, salah satunya persoalan pengangguran serta masalah kesempatan kerja.

Baca Juga :  Sebut Golkar Bali Siap Ikut Pemilu 2024, Sugawa Korry Ingatkan Kader Jaga Soliditas

Ditegaskan SGK begitu sapaan populer Sugawa Korry sejak dulu partai Golkar selalu memikirkan solusinya dan salah satunya adalah pada hari ini melalui pembentukan Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali yang telah mampu dan mulai memberikan bantuan kredit untuk yang siap berangkat.

“Ini adalah salah satu langkah atau support kepada generasi muda Bali yang telah mengabil keputusan mandiri dengan bekerja ke luar negeri. Teruslah bersemangat dan yakin apa yang diputuskan ini adalah hal yang luar biasa sangat bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, daerah termasuk bangsa dan negara. Dan bulan November ini adalah permintaan kebutuhan dari luar negeri 1500 tenaga kerja dalam berbagai posisi. Ini adalah peluang yang luar biasa bagi kita semua. Sampaikan kepada masyarakat tentang hal ini dan kita siap membackupnya,” bebernya.

Sugawa Korry yang juga Bacaleg DPR RI Dapil Bali di Pemilu 2024 ini juga menjelaskan tidak sedikit generasi muda yang ingin bekerja di luar negeri terkendala biaya meski sudah memiliki kualifikasi pendidikan dan ketrampilan. Untuk itulah Golkar beserta seluruh kader dan masyarakat membentuk Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali yang salah satu layanannya membantu pembiayaan kredit keberangkatan bagi calon PMI yang ingin bekerja ke luar negeri diantaranya ke kapal pesiar.

“Koperasi ini tidak lanjut kerja sama dengan berbagai perusahaan oenempatan tenaga kerja salah satunya CTI Asia yang ownernya kebetulan salah satu kader Golkar. Koperasi ini sudah terbentuk lengkap badan hukum dan realisasi pembiayaan kepada calon PMI seperti pekerja kapal pesiar adalah hari ini yang pertama. Tentu program ini akan terus berlanjut. Apalagi di November ini ada permintaan 1500 tenaga kerja untuk kapal pesiar dari Carnival Cruise Line,” bebernya.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Hadiri Karya Atma Wedana Memukur di Desa Gulingan

Sementara, Ketua Koperasi Jasa Swadharma Guna Karya (SGK) Bali Dr. Nyoman Diana menjelaskan bantuan kredit pembiayaan kerja ke luar negeri ini, per orang penerima dibantu pembiayaan sebesar Rp 30 juta. Adapun total bantuan pembiayaan yanh diserahkan kali ini sebanyak 12 orang penerima sehingga total pembiayaan yang disalurkan Koperasi SGK Bali adalah sebanyak Rp 360 juta. Sedangkan jangka waktu atau tenor pengembaliannya 12 bulan dengan cara dicicil setiap bulannya dengan tingkat suku bunga sangat rendah yakni 1 persen per bulan.

“Para penerima bantuan pembiayaan ini, memang kami prioritaskan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan juga bagi calon tenaga kerja yang memerlukan tambahan pembiayaan untuk kerja ke luar negeri,” jelasnya.(kbh6

Related Posts