April 21, 2024
Pendidikan

PKM dengan Desa Sidan dalam Manajemen Risiko Bencana Kawasan Kissidan-EcoHill pada Perencanaan Pre-Disaster (Prevention, Mitigation, Preparedness)

Gianyar-kabarbalihits

Tim Pengabdian Magister Rekayasa Infrastruktur (MRIL) dan Lingkungan dan Program Studi Teknik Sipil, Universitas Warmadewa, terdiri dari Dr. Ir. I Nengah Sinarta (ketua), beranggotakan; Ir. A.A Gede Sumanjaya, MT, Dr. Ir. Putu Ika Wahyuni, Putu Aryastana, PhD, Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, dan Mahasiswa MRIL, I Made Kusuma Wiranata, ST., MT melakukan pengabdian dengan mitra pengelola kawasan Kissidan Eco Hill dengan penanggungjawab kepala Desa Sidan Bapak I Made Sukra Suyasa.

Kissidan Eco Hill merupakan salah satu kegiatan pariwisata di Desa Sidan, Gianyar yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta sebagai tempat pembelajaran dan pendidikan.

Lokasi obyek wisata Kissidan Ecohill terletak pada lereng lembah dengan kemiringan antara 30o – 40o, kondisi ini menyebabkan perlu usaha pengurangan risiko bencana dengan tetap menerapkan konsep konservasi lingkungan, khususnya resiko tanah longsor, pohon tumbang, kebakaran, dan gempabumi.

Program Pengabdian dirancang melalui diskusi, pengisian kuisioner dengan kepala Desa Sidan selaku penanggung jawab kawasan dan pengelola kawasan yang berjumlah 11 orang, untuk mengetahui pemahanan Risiko bencana dan pengelolaan kawasan Kissidan-Ecohil yang aman dan nyaman berbasis bencana, yang selanjutnya dilakukan perencanaan pre-disaster (Prevention, Mitigation, Prepardness) di kawasan Kissidan-Ecohill, baik struktural dan non struktural.

Pada kesempatan FGD dan pengisian kuisioner dilakukan pemasangan rambu mitigasi bencana sebagai salah satu usaha kesiapsiagaan sebelum terjadinya bencana sehingga dapat mengurangi risiko bencana.

Berdasarkan kuisioner yang diberikan terhadap pengelola dapat disimpulkan pemahaman terhadap resiko bencana dan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana sangat rendah.

Tim Pengabdi memberikan konsep manajemen pengelolan kawasan berbasis risiko bencana dan ekowisata, yang merupakan bagian dari visi dan pola ilmiah pokok Univ.Warmadewa untuk dapat diterapkan di kawasan tersebut, sehingga terjadi peningkatan kapasitas dan pengetahuan dalam penilaian potensi bencana serta pengelola membuat pola pengeloaan bencana pre-disaster dalam hal Pra-bencana seperti pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan.

Baca Juga :  Walhi Protes ! Sebut Pembahasan Rencana Kerja DKLH Melanggar Hukum

Selanjutnya, untuk meningkatkan kapasitas tim, aparat desa dan warga khususnya pengelola Eco-Hill dalam kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana perlu dilakukan sosialisasi, dan pelatihan kebencanaan, dan membentuk kelembagaan tim siaga bencana di Kawasan Eco-Hill Kissidan sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman.

Program kemitraan masyarakat ini, disusun berupa rancangan infrastruktur evakuasi dan penyelamatan serta pemasangan rambu-rambu arah penyelamatan tanpa mengganggu keindahan kawasan. PKM ini diharapkan sebagai pemicu peran serta masyarakat untuk peduli terhadap potensi bencana dan mengurangi risiko bencana, dan bagi mahasiswa yang ikut dalam program pengabdian masyarakat ini dapat melakukan analisis dan penilaian risiko bencana pada kondisi pra-bencana, serta mampu menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk kesiapsiagaan terhadap bencana bagi masyarakat khususnya di kawasan wisata.(r)

Related Posts