May 19, 2024
Daerah POLHUKAM

Pemilu 2024, Anggota PP Polri Daerah Bali Dipersilahkan Memilih Sesuai Aspirasi 

Denpasar-kabarbalihits

Menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, Purnawirawan Polri berkomitmen secara organisatoris pada prinsipnya akan bersikap netral. Namun dalam kedudukannya sebagai warga negara, Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan (PP) Polri menjamin hak konstitusi anggotanya untuk memilih dan dipilih sesuai aturan Perundang-undangan yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PP Polri Daerah Bali, Drs. I Nyoman Gede Suweta, MH, saat pelaksanaan HUT PP Polri ke-24 di Gedung PRG Polda Bali, Rabu, (23/8/2023).

Menurut Nyoman Gede Suweta, Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang menjadi kewajiban bersama untuk berpatisipasi sesuai dengan fungsi dan perannya. Dalam hal ini, PP Polri pada prinsipnya bersikap netral. Tetapi sebagai anggota Purnawirawan mempunyai hak dan kewajiban masing-masing, yakni berhak untuk dipilih maupun memilih.

“maka untuk itu disilahkan kepada seluruh anggota sesuai aspirasinya atau nuraninya untuk melakukan pemilihan sesuai yang menjadi pemikirannya,” katanya.

Kemudian usai perhelatan pesta demokrasi 2024, seluruh anggota PP Polri wajib melepaskan perbedaan dalam menyalurkan aspirasi politiknya dan kembali ke wadah PP Polri untuk mengabdi kepada anggota dan mendukung tugas-tugas kepolisian dalam mewujudkan kamtibmas.

Diharapkan pesta demokrasi ini menjadi suatu wahana untuk menyampaikan pemikiran, dan program dan apapun pilihannya agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“tanpa persatuan dan kesatuan mustahil kita bisa melaksanakan pembangunan baik fisik maupun pembangunan sumber manusia, jadi tetap kata kuncinya kami himbau seluruh warga negara apapun aspirasinya tetap jaga persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Disebut ada dua hal penting yang menjadi sasaran terbentuknya PP Polri Daerah Bali selama ini, yakni PP Polri dapat menghimpun para purnawirawan untuk selanjutnya tumbuh bersama saling mengisi, asah, asih dan saling asuh, serta mencoba meningkatkan kesejahteraan anggota di masa tua.

Kemudian sesuai visi dan misi, dalam konteks tugas kepolisian tetap konsisten ikut berpatisipasi dan memberikan dukungan moril kepada para anggota yang masih aktif di tengah-tengah masyarakat menjadi perpanjangan tangan masalah informasi, serta perpanjangan tangan dalam rangka membantu tugas-tugas Polri kepada masyarakat, agar suasana kemananan dan ketertiban masyarakat dapat tetap terjaga.

Acara Syukuran HUT Polri ke 24 sekaligus pelaksanaan Wisuda Purna Bhakti ini dihadiri oleh Irwasda Polda Bali, Kombes. Pol. Arief Prapto Santoso, S.I.K., S.H., M.H mewakili Kapolda Bali, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra.

Kapolda Bali dalam sambutannya yang dibacakan Irwasda Polda Bali menyampaikan, acara Wisuda Purna merupakan bagian dari tahap pengakhiran tugas, dan selanjutnya menyerahkan ke Ketua dan pengurus PP Polri Daerah Bali.

“saya berpesan kepada Ketua PP Polri beserta pengurus agar dapat merawat dan mengelola para senior kami pada organisasi PP Polri dengan baik,” ucapnya.

Baca Juga :  Wayan Suyasa Turut Ngerastiti Karya Padudusan Alit Pura Kawitan Arya Sentong Desa Ayunan

Dimana Purnawirawan yang diserahkan dari Kapolda Bali ke Ketua PP Polri Daerah Bali sebanyak 387 orang. Purnawirawan tersebut terdiri dari Pamen (Perwira menengah) 42 orang, Pama (Perwira Pertama) 183 orang, Bintara 125 orang dan PNS Polri sebanyak 37 orang.

Diharapkan ketika menjalani masa purnabakti, tetap adanya kontribusi terhadap Polri dalam menciptakan kamtibmas yang lebih baik.

“kami harap peran serta aktif di masyarakat nanti setidaknya bisa menjadi leading dalam menciptakan kamtibmas di tempat masing-masing,” harap Irwasda. (kbh1)

Related Posts