April 16, 2024
Pendidikan

Yayasan Peduli Kasih Kolaborasi Bersama GRO WITH US Jerman Bersihkan Pantai Yeh Gangga

Tabanan -Kabarbalihits

Mewujudkan kebersihan untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya pantai, Yayasan Care & Love (Peduli Kasih) melaksanakan aksi bersih pantai dan pelepasan Tukik di Pantai Yeh Gangga Tabanan, Sabtu pagi 19 Agustus 2023.

Selain berkaborasi dengan komunitas pecinta lingkungan asal Jerman GRO WITH US, yayasan yang berlokasi di Dalung Kuta Utara Badung ini juga mengajak ratusan generasi muda dari lembaga pendidikan tinggi yang ada di Bali untuk ambil bagian dalam pembersihan pantai yang memiliki panjang 1,9 KM ini dari sampah plastik.

Menariknya aksi bersih panti ini juga diisi dengan pemberian puluhan hadiah door prize diantaranya Voucher menginap di Villa KTS hingga berangkat ke Jerman yang biaya akomodasinya ditanggung. Adapun lembaga pendidikan tinggi yang turut serta dalam kegiatan ini diantaranya, kampus kapal pesiar dan perhotelan Monarch Bali Dalung, Unhi Denpasar, Green Hospitality Academy LKP TIPS serta sekaa teruna di Desa Adat Yeh Gangga. Pendiri Yayasan Peduli Kasih I Nyoman Sudiartawan yang ditemui disela kegiatan menyampaikan sangat berbahagia berkesempatan turut serta memberikan sumbangsih atau kontribusi khususnya di Bali dalam menjaga kebersihan lingkungan diantaranya pantai terlebih masih dalam suasana Dirgahayu ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami sebagai generasi penerus, masih dalam suasana HUT ke-78 Kemerdekaan RI dapat melaksanakan aksi sosialmenjaga kelestarian lingkungan khususnya Pantai Yeh Gangga hal ini yang membuat kami berbahagia,” ucapnya.

Nyoman Sudiartawan juga mengungkapkan betapa pentingnya kebersihan sebagai salah satu dasar untuk mewujudkan hidup sejahtera. Yayasan Peduli Kasih lanjut Nyoman Sudiartawan tidak hanya diwujudkan peduli kepada seseorang maupun keluarga namun lebih luas yakni pada bangsa dan negara termasuk lingkungan didalamnya. Hal ini sesuai dengan konsep ajaran Agama Hindu yakni Tri Hita Karana.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Ikuti Vidcon Pengarahan Presiden Terkait Penanganan Covid-19

“Kami sangat mendukung dan mengharapkan adanya aktivitas atau kegiatan seperti ini (bersih pantai) dapat terus dilaksanakan,”ujarnya.

Pihaknya juga berterima kasih dengan adanya kolaborasi bersama GRO WITH US yakni Komunitas Pecinta lingkungan asal Jerman yang telah banyak bergerak dalam pembersihan pantai di banyak tempat serta didukung generasi muda yang ada dikampus maupun di desa adat yakni sekaa teruna.

“Hal ini sejalan dengan yang ada di Bali. Dimana, kita sangat mementingkan kebersihan sebagai penunjang dalam mewujudkan keberlanjutan pariwisata Bali. Semoga kegiatan atau aktivitas seperti ini dapat terus berlanjut,”ungkapnya.

Secara tegas Nyoman Sudiartawan yang juga praktisi pariwisata asal Buleleng ini mengatakan kegiatan bersih pantai akan terus berlanjut secara rutin di seluruh pantai di Bali.

Perwakilan GRO WITH US, Simon Wolf from startup in paradise mengatakan komunitas asal Jerman ini adalah gabungan pengusaha dengan konsistensi untuk kebersihan dan pelestarian lingkungan untuk menjadikan dunia lebih baik. Simon Wolf juga mengungkapkan dipilihnya pantai di Bali karena kecintaanya kepada Bali sebagai tujuan wisata dunia sebagai “pulau seribu pura bukan pulau seribu sampah”.

Secara khusus Simon Wolf mengatakan sebagai motivasi aksi bersih pantai ini juga akan mengajak satu atau dua orang terpilih untuk diajak berkunjung ke Jerman dengan biaya yang ditanggung pihaknya.

Sementara, Wakil Direktur Monarch Bali Dalung, I Made Bobi Asmara sangat bergembira dengan adanya aksi sosial bersih pantai ini. Sebagai kampus pencetak trnaga kapal pesiar dan perhotelan Monarch Bali Dalung senantiasa menanamkan kepedulian dan cinta lingkungan mewujudkan keberlangsungan pariwisata Bali.

“Hal ini juga sudah kami lakukan di kampus, mulai bersih pantai hingga melakukan kunjungan sosial ke panti asuhan untuk menanamkan kecintaan dan kepedulian mahasiswa kepada lingkungan sebagai salah satu dasar keberlangsungan pariwisata,”ungkapnya.(Kbh6) 

Related Posts