May 29, 2024
Pendidikan

Tingkatkan Sinergi PTN dan LLDikti, Humas Universitas Udayana Hadiri Rapat Koordinasi Kehumasan Diktiristek

Jakarta – kabarbalihits

Humas Universitas Udayana menghadiri Rapat Koordinasi Kehumasan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Kegiatan ini terselenggara pada Rabu (4/8/2023) di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung D Komplek Kemendikbudristek, Jakarta Pusat. Sebanyak 76 orang pimpinan PTN dan 16 orang pimpinan LLDikti seluruh Indonesia turut hadir sebagai peserta.

Direktur Jenderal Diktiristek, Prof. Nizam menjelaskan, pentingnya insan humas untuk memiliki kemampuan menyusun frame dan angle berita agar menghindari disinformasi di era post truth saat ini. Karenanya, humas berperan penting bagi lembaga untuk membangun optimisme di tengah masyarakat.

“Kebijakan yang sudah berjalan baik ceritakanlah ke media. Prestasi-prestasi juga tunjukkan melalui pemberitaan dengan angle yang humanis,” pesan Prof. Nizam.

Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal, Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie turut menyampaikan hal senada. Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kompetensi insan humas dalam menjalankan tugasnya. Pihaknya berharap, ke depan insan humas dapat terus berkontribusi untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Humas memegang peranan yang sangat penting dan menjadi garda terdepan dalam melakukan komunikasi publik. Untuk itu, perlu diiringi dengan peningkatan kapasitas karena dunia humas terus berkembang,” papar Prof. Tjitjik.

Sebanyak 5 orang pembicara mengisi materi yang membahas tentang kehumasan, yaitu Tenaga Ahli Madya Komunikasi Kantor Staf Presiden Prita Laura; Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI) dan Managing Director Imogen PR Jojo S. Nugroho. Kemudian, Ketua Umum Iprahumas Indonesia Thorig Ramadani; Wakil Sekretaris Umum 2 Perhumas Emmy Kuswandari; dan Head of Engagement and Community SAC Indonesia Riska Noer Zaitun.

Kegiatan juga diisi Sosialisasi Anugerah Humas Diktiristek 2023 yang merupakan agenda tahunan untuk memberikan apresiasi kepada lembaga kehumasan di lingkungan Diktiristek. Adapun kategori yang dilombakan, yaitu pengelolaan laman, siaran pers, media sosial, majalah instansi, insan humas terpopuler, dan unit layanan terpadu (ULT). Kompetisi akan berlangsung mulai bulan Agustus sampai dengan November 2023. (r)

Baca Juga :  Primakara University Komitemen Hasilkan Technopreneur Handal

Sumber : Diktiristek Gelar Rapat Koordinasi Humas Guna… – UNUD | Universitas Udayana

Related Posts