April 28, 2024
Daerah Musik

Piala Ajang Bergengsi BICF 2023 Direbut Peserta Dari Indonesia

Badung-kabarbalihits

Event bergengsi bertaraf Internasional The 12th Bali International Choir Festival (BICF) yang dilaksanakan sejak 25-29 Juli 2023 telah melahirkan pemenang dari Indonesia. 

Dimana tim Paduan Suara Mahasiswa Teknik Universitas Diponegoro dan penyanyi solo, Fadhilah Intan Pramita Sari asal Surabaya berhasil membawa pulang piala grand prix, pada Sabtu, (29/7/2023) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung. 

Para pemenang dari kategori berbeda tersebut sukses menyingkirkan ribuan peserta, baik dari daerah di Indonesia maupun peserta dari luar negeri, yang dinilai oleh 17 orang juri profesional di bidang musik paduan suara. 

Penyerahan piagam dan piala grand prix diserahkan langsung oleh Kepala BNN RI, Prof. Dr. Petrus R. Golose didampingi oleh Direktur Artistik BICF, dan para juri. 

Menurut Kepala BNN RI Prof. Dr. Petrus R. Golose, BNN telah melaksanakan strategi soft power approach melalui kegiatan BICF ini. Strategi ini merupakan bagian dari pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi dengan mengkampanyekan perang melawan narkotika melalui menyanyi. 

“salah satu dari program kita yaitu menyanyi untuk melawan narkotika yang hadir di Bali ini terdiri dari 16 negara, kemudian pesertanya lebih dari 4000 orang. Kita bisa mengkampanyekan perang melawan narkotika lewat menyanyi,” kata Prof. Dr. Petrus R. Golose.

Lainnya, melalui ajang bertaraf internasional ini, juga dapat membantu Pemerintah Daerah Bali untuk meningkatkan sektor pariwisata. Sebab, beberapa hotel terisi oleh ribuan peserta BICF. 

Terpenting baginya, metode soft power approach ini dapat menyadarkan pecandu untuk berhenti menggunakan narkotika. 

“Contohnya di Jawa Barat seorang anak yang menyanyi tentang anti narkotika, bapaknya minta rehabilitasi. Kita bukan hanya pada hard power tetapi soft power,” pungkasnya. 

Disebut event paduan suara ini berjalan dengan sukses dan menjadi suatu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia, terlebih juara grand prix datang dari Indonesia, dimana pemenang sebelumnya berasal dari Spanyol. 

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ST. Putra Segara Ke-43 Banjar Seseh

Festival paduan suara internasional terbesar kolaborasi BNN RI bersama Bandung Choral Society (BCS) ini merupakan bagian dari upaya BNN dalam menggelorakan semangat war on drugs melalui nyanyian dan alunan musik. Diharapkan, selain dapat menyampaikan pesan anti narkotika, melalui nyanyian juga dapat membuat seseorang bahagia tanpa narkoba. 

“Happy without drugs, sing against drugs,” imbuhnya. (kbh1) 

Related Posts