October 1, 2023
Daerah Musik

Kepala BNN RI Sebut Ajang Paduan Suara Motede Ampuh Mencegah Penyalahgunaan Narkotika

Badung-kabarbalihits

The 12th Bali International Choir Festival resmi dibuka Kepala BNN RI Prof. Dr. Petrus R. Golose didampingi Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. , dan Direktur Artistik Bandung Choir Society (BICF), Tommyanto Kadisaputra di Discovery Plaza Hotel, Kuta, Selasa (25/7/3023). 

Menurut Kepala BNN RI Petrus R. Golose, perang terhadap narkotika melalui ajang paduan suara ini merupakan motode yang ampuh dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Bahkan motede soft power approach yang dilakukan BNN RI ini diikuti oleh negara lainnya.

“metode kita ini diikuti di Amerika Serikat, ini namanya soft power approach. Kita mengutamakan prevention (pencegahan). Contoh salah satu adalah bagaimana anak-anak menyanyi anti narkotika, bapaknya minta rehabilitasi,” jelas Kepala BNN RI. 

BNN akan terus menyuarakan perang terhadap narkotika melalui pendekatan ajang paduan suara, baik dari tingkat anak-anak maupun dewasa. 

Kompetisi paduan suara bertemakan “sing against drugs” ini merupakan rangkaian acara pasca Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023 dalam rangka mengkampanyekan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) melalui kompetisi paduan suara.

Ajang kompetisi paduan suara yang berlangsung dari 25 juli hingga 29 juli 2023 ini diikuti 4000 peserta dari 16 negara undangan dan menghadirkan 17 orang juri yang merupakan profesional pada bidang musik, khususnya paduan suara dari delapan negara seperti, Italia, USA, Filipina, Perancis, Canada, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, dan Indonesia.

Tujuh belas juri tersebut akan menyeleksi ribuan peserta yang berasal dari dua puluh empat provinsi di Indonesia dan sepuluh negara lainnya seperti Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Sri Lanka, Italia, China, Taiwan, Spanyol, dan Jerman.

Baca Juga :  Persembahyangan Hari Saraswati di Pura Lingga Bhuwana Dalam Situasi PPKM

Sementara Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. mewakili Gubernur Bali menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih atas dipilihnya Provinsi Bali dalam penyelenggaraan kegiatan kompetisi paduan suara internasional ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, khususnya di wilayah Bali.

“dengan dipakainya Bali sebagai panggung untuk selalu menggaungkan anti narkoba saya harapkan Bali yang sebenarnya daerah potensi sebagai tujuan internasional tentu harapan kita bisa tekan serendah-rendahnya,” harap Wagub Bali. 

Pembukaan The 12th Bali International Festival yang digelar di Discovery Plaza Hotel, Kuta, tersebut sekaligus sebagai penutup kegiatan The 2nd Asia Choral Grand Prix yang telah diselenggarakan sejak 25 Juli di Balai Budaya Gini Giri Nata Mandala. 

Kelompok paduan suara Landarbaso abesbatza pada kesempatan tersebut diumumkan sebagai pemenang The 2nd Asia Choral Grand Prix dengan membawa pulang hadiah sebesar 3000 USD. Sementara ribuan peserta dari 11 negara peserta The 12th Bali International Choir Festival siap bertarung untuk memperebutkan trofi kemenangan. (kbh1) 

Related Posts