June 24, 2024
Pendidikan

DPM Unwar Gelar Seminar Nasional Legislatif : Membentuk Generasi Legislator Muda Berintegritas dan Berintelektual

Denpasar-kabarbalihits

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Warmadewa (Unwar) mengadakan Seminar Nasional Legislatif dengan tema “Legislator Muda yang Berintelektual, Berintegritas, Aspiratif, Solutif dalam Menumbuhkan Stabilitas Sosial serta Mengembangkan Entrepreneur Mahasiswa.” Kegiatan berlangsung di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar dan menghadirkan narasumber kelas wahid, seperti Tantowi Yahya, mantan anggota DPR RI dan mantan Dubes Indonesia untuk Selandia Baru, serta Ni Luh Putu Ary Pertami, seorang politisi dan pebisnis, memberikan wawasan berharga kepada peserta seminar.

Seminar Nasional Legislator ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam menggali ilmu dan pengetahuan tentang ilmu legislatif, termasuk teknik persidangan, legislative drafting, budgeting dan audit, pengawasan, serta advokasi. Fungsi legislasi mahasiswa meliputi legislasi, anggaran, pengawasan, aspirasi, serta penilaian dan advokasi, yang sangat penting dilakukan secara berkesinambungan.

Ketua Umum DPM Unwar, Kadek Bagus Rakyan Dana Sinatra, mengungkapkan tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa mengenai legislatif, terutama menghadapi tahun politik yang akan datang. “Dari seminar ini, kita bisa bersama-sama belajar bagaimana sistem perundang-undangan diterapkan dan diawasi, hal ini sangat penting untuk membangun marwah Warmadewa,” ujarnya.

Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P, Rektor Unwar, yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan pentingnya fungsi legislasi dalam dunia universitas. Badan Legislatif Mahasiswa Universitas Warmadewa berperan penting dalam merumuskan kebijakan yang akan diambil oleh eksekutif.

“Oleh karena itu, pembentukan mahasiswa menjadi legislator muda yang berintegritas dan berintelektual sangat krusial untuk masa depan bangsa,” ucap rektor.

Dengan adanya Seminar Nasional Legislatif ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami peran legislasi dalam mewujudkan stabilitas sosial dan perkembangan entrepreneur mahasiswa. Generasi penerus diharapkan akan tumbuh menjadi pemimpin yang berintegritas, berintelektual, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Seminar ini menjadi tonggak penting bagi Universitas Warmadewa dalam mencetak generasi mahasiswa yang berdaya saing tinggi dalam era globalisasi.(kbh2)

Related Posts