October 14, 2024
Daerah Sosial

Jawab Tingginya Kebutuhan Kelapa di Bali, Gus Adhi Bersama Dandim 1617 Jembrana Serahkan Bantuan Bibit Kelapa Genjah di Desa Banyubiru

Jembrana -Kabarbalihits

Anggota DPR RI Komisi II Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) terus berupaya menggerakkan perekonomian melalui sektor pertanian di “Bumi Makepung Tanah Jegog “Jembrana. Salah satunya dengan transformasi Subak Abian.Jumat 7 Juli 2023, tokoh asal Jero Kawan Kerobokan Badung ini bersinergi dengan Kodim 1617 Jembrana menyerahkan 100 bibit kelapa unggul yakni kelapa genjah kepada umat muslim di Dusun Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara. “Kita ingin melakukan transformasi subak abian dengan melakukam penanaman terhadap kebutuhan Provinsi Bali yakni buah kelapa,”ucapnya.

Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi Juga mengungkapkan kebutuhan buah kelapa di Provinsi Bali sangat tinggi yakni mencapai 1,2 juta butir kelapa setiap 15 hari sekali. ” Disinilah kita membangun keharmonisan dalam perbedaan. Jadi ini sangat perlu kita laksanakan dengan baik,”harapnya.

Lantas politisi Partai Golkar yang dikenal dengan spirit perjuangan Amanah Merakyat Peduli (AMP) dan Kita Tidak Sedarah Namun Satu Arah ini meyakinkan jika budidaya kelapa genjah ini dilakukan dengan baik oleh masyarakat, akan menjadi sektor pendapatan keluarga yang sangat produktif dan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi termasuk sektor pariwisata. “Kami harapkan bantuan pak Dandim bersama anggota untuk mengikuti, mengawasi pelaksanaan budidaya kelapa genjah yang dilakukan masyarakat disini,”harapnya.

Sekali lagi ditegaskan Gus Adhi pihaknya tidak hanya melakukan budidaya kelapa genjah dari hulu sampai hilir namun juga pengelolaan pasca panen kelapa genjah. “Mudah -mudahan ini bisa berarti yang baik bagi keluarga dan umat Muslim disini, yang sudah tentunya harapan kami adalah menjadi pembangkit ekonomi keluarga,”tegasnya.

Sementara itu, Haji Arham Zidik selaku pengelola Pondok Pesantren Rau Datus Solehat dan Mushola Teuku Yusuf atas nama masyarakat selain menyatakan terima kasih atas bantuan bibit kelapa genjah dari Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra juga berharap dengan bantuan 100 bibit kelapa genjah ini perekonomian masyarakat kedepannya, khususnya warga Banyubiru, terus tumbuh dan meningkat. Haji Arham Zidik juga sangat mengapresiasi bantuan 100 bibit kelapa genjah yang diserahkan oleh Gus Adh mengingat, ini baru pertama kalinya ada pengembangan kelapa genjah di Desa Bayubiru. “Mudah -mudahan Bapak Gus Adhi dilimpahkan kesehatannya oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan kedepan beliau bisa membantu warga yang lain sehingga tidak hanya di Desa Banyubiru saja ada pengembangan kelapa genjah,”harapnya.

Baca Juga :  Pilkel Berjalan Baik, Panitia Pilkel Desa Pelaga Ajak Masyarakat Bersatu Membangun Desa 

Sementara Dandim 1617 Jembrana Letnan Kolonel Infanteri Teguh Dwi Raharja mengapresiasi sinergi dengan TNI yang dilakukan Agung Bagus Adhi Mahendra Putra melalui pemberian bantuan bibit kelapa genjah ini kepada masyarakat. “Ini kegiatan yang sangat positif, sangat luar biasa. Saya sangat apresiasi. Saya sebagai Komandan Kodim 1617 Jembrana, kebetulan saya juga putra daerah di sini, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap beliau, yang mana perhatian beliau sangat besar terhadap masyarakat di sini,” ujarnya

Letkol Teguh Dwi Raharja yang merupakan putra daerah Jembrana ini juga mengatakan bantuan 100 bibit kelapa genjah tersebut datang disaat yang tepat mengingat masyarakat di Dusun Pebuahan sedang diterpa banyak masalah, terutama masalah abrasi, sehingga dengan adanya bantuan kelapa ini diharapkan perekonomian masyarakat setempat akan berputar. Ia juga menyebut penanaman bibit pohon kelapa genjah tersebut nantinya akan menjadi suatu lahan pekerjaan baru, dimana dalam jangka waktu 2 sampai 3 tahun kedepan masyarakat sudah bisa panen.

“Jadi masyarakat nelayan yang tadinya sekarang karena musimnya ekstrem, susah cari ikan, sekarang kita beralih ke kelapa genjah ini, yang mana nanti 2 tahun, 3 tahun sudah panen. Sangat luar biasa. Saya sudah melihat di daerah lain, per 15 hari sudah bisa dipanen. Ini beliau ngasi seratus. Luar biasa. Mudah-mudahan barokah,” harapnya

Secara tegas Letkol Teguh Dwi Raharja mengatakan akan mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengontrolan setiap hari dalam bididaya kelapa genjah ini. “Ini merupakan kerjasama yang sangat luar biasa. Dan saya sebagai Komandan Kodim akan mengerahkan anggota saya untuk setiap hari mengontrol. Saya selalu suka dengan kegiatan positif untuk masyarakat. Semoga masyarakat di Jembrana ini semuanya bahagia,” tegasnya.Kbh6.

Related Posts