October 14, 2024
Daerah

Lomba Safety Driving dan Safety Riding Police, Diharapkan Lebih Percaya Diri Saat Lakukan Pengawalan

Denpasar-kabarbalihits

Keselamatan dalam melakukan Patroli dan Pengawalan (Patwal) oleh anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) penting diutamakan. Sehingga keahlian para anggota Ditlantas terus diasah, baik dalam berkendara roda empat maupun roda dua.

Keahlian anggota saat berkendara terlihat pada lomba Safety Driving dan Safety Riding Police Contest yang digelar oleh Polda Bali dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke 77, berlangsung di Parkir Timur Lapangan Renon, Denpasar, Jumat (30/6/2023).

Kanit 1 Sat PJR Ditlantas Polda Bali AKP. I Dewa Made Suryatmaja, SH, sekaligus sebagai ketua panitia lomba menyampaikan, keterampilan dalam berkendara merupakan bagian dari salah satu syarat kompetensi yang harus dimiliki oleh unit satuan kerja Patwal atau Detasemen Pengawalan PJR (Patroli Jalan Raya).

Maka diingatkan pada lomba ini untuk lebih mengasah keterampilan para personil dengan dinamika yang sering terjadi di lapangan.

“lalu lintas padat, dimana menghindar, dimana ngerem mendadak misalnya, intinya diutamakan safety-nya,” kata Dewa Made Suryatmaja.

Lomba Safety Driving dan Safety Riding Police ini diikuti personel antar Polres se-Polda Bali. Dimana dalam penilaian ditentukan oleh panitia lomba dari Polda Bali.

Dikatakan saat lomba, pengemudi tidak diperbolehkan menyentuh traffic Cone (perangkat lalu lintas berbentuk krucut) yang dipasang sepanjang jalur mengemudi dan apabila salah haluan, nilai peserta akan dikurangi.

“masing-masing peserta kita sudah beri nilai 100 dulu, nilai dipotong kalau nyentuh cone, salah arah, itu ada kreteria pemotongan nilai,” jelasnya.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Terima Kunjungan Kerja Deputi BKPM Kementerian Investasi

Diharapkan kegiatan ini bisa diaplikasikan di lapangan untuk lebih fokus, tenang, dan percaya diri dalam melakukan pengawalan kenegaraan maupun pengawalan penting lainnya.

“apalagi ngawal VIP, VVIP, kan banyak di Bali event-event Internasional, bisa lebih tenang dan percaya diri,” imbuhnya.

Pemenang Lomba Safety Driving dan Safety Riding Police akan menerima hadiah berupa uang tunai, dan piagam penghargaan. (kbh1)

Related Posts