October 14, 2024
Daerah

Piodalan Pura Dalem Jati, Ribuan Krama Desa Adat Penarungan Ngiring Ida Betara Masuci

Badung -Kabarbalihits

Serangkaian Karya Piodalan Pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan dilaksanakan upacara Mesuci di Pura Taman Beji Desa adat setempat. Upakara Nyuciang Prelinggan atau Pratima Ida Betara ini diikuti ribuan krama lanang istri, yowana hingga anak- anak dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 4 KM Rabu (5/4).

Bendesa Adat Penarungan Made Widiada yang ditemui disela upakara tersebut menyampaikan rangkaian Karya Piodalan Ratu Gede Dalem atau Pura Dalem Jati Desa Adat Penarungan sudah dimulai dengan Nanceb Surya, Ngingsah hingga Nedunang Pralinggan atau Pratima Ida Betara.

“Piodalan di Pura Dalem Jati dilaksanakan setiap satu tahun sekali tepatnya Purnama Kedasa yang diemong secara bergilir oleh Krama Banjar, yang ada di Desa Penarungan,”ungkapnya.

Sebelum Puncak Piodalan, sambung Made Widiada dilaksanakan upacara Nedunin Ida Betara untuk selanjutnya kairing ke Pura Taman Beji melaksanakan Upacara Masuci.

“Upacara Masuci ini dilaksanakan sebelum Ida Betara katuran banten Pujawali atau piodalan yang dihaturkan Krama Desa Adat Penarungan,”jelasnya.

Terkait adanya Pralinggan atau Petapakan pura pemaksan maupun dari desa adat yang lain yang ikut serta dalam Upacara Masuci ini, Made Widiada mejelaskan hal ini sudah sesuai Dresta yang ada di Desa Adat Penarungan.Bahwasannya Pralinggan atau Petapakan yang “Nunas Taksu” di Pura Dalem Jati berkewajiban nyarengin upacara Masuci ke Pura Taman Beji saat Piodalan di Pura Dalem Jati.

“Sesudah Masuci, Petapakan Barong maupun Rangda Nyaksi Upakara Piodalan Ratu Gede Dalem / Pura Dalem Jati,”paparnya.

Made Widiada yang juga seorang Notaris ini berharap dengan pelaksanaan Piodalan di Pura Dalem Jati Krama Desa Adat Penarungan memperoleh kerahayuan dan kerahajengan dari Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam menjalani kehidupan ini.

Baca Juga :  Pjs. Bupati Badung Menerima DIPA APBN TA 2021, Dana Transfer Sebesar Rp. 755 M

“Dumogi Ida Sanghyang Widhi Wasa ledang mapaica tuntunan pemargi majeng ring Krama Desa Adat Penarungan mangda sida lantas ngemolihang kerahyuan lan kesukertan,” pungkasnya.(kbh6) 

Related Posts