October 14, 2024
Daerah

Magendu Wirasa di Bualu, Wayan Suyasa Bantu Dana Pembangunan Merajan Hingga Sanggar Seni Tampil di PKB

Badung -Kabarbalihits

Sikap konsisten membantu dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, terus diwujudkan Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. Minggu 2 April 2023 sore, politisi Inovatif yang akrab disapa WS ini hadir magendu wirasa (menyerap aspirasi) masyarakat Desa Adat Bualu Kuta Selatan.

Secara spontan Wayan Suyasa yang didampingi Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali Wayan Rawan Atmaja dan Anggota DPRD Badung Nyoman Karyana membantu dana Rp 12,5 juta dengan rincian Rp7,5 juta untuk Sanggar Seni Semara Jaya Banjar penyarikan serta Rp 5 juta untuk pemerajan Bendesa Manik Mas Banjar Celuk. Jro Mangku wayan Kartana penglingsir Merajan Bendesa Manik Mas Banjar Celuk Desa Adat Bualu memuji sikap Wayan Suyasa yang turun langsung hadir menyerap aspirasi ke Desa Adat Bualu.

“Semestinya kami yang mendatangi Pak Suyasa untuk menyampaikan aspirasi,”ujarnya. Jro Mangku Wayan Kartana mewakili pengempon juga menyampaikan harapannya kepada Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa untuk dapat membantu pembangunan yang dilakukan di Merajan Bendesa Manik Mas Banjar Celuk Desa Adat Bualu.

“Kami terus terang saja untuk biaya pembangunan belum cukup. Selain pelinggih, beberapa bangunan penunjang yang ada di merajan juga akan dibangun ulang. Kami sangat berharap Pak Suyasa dapat membantu kami,”harapnya.

Sementara Penanggungjawab Sanggar Seni Semara Jaya Banjar Penyarikan Desa Adat Bualu, Ketut Yoga memohon bantuan agar bisa Wakil Ketua DPRD Badung bisa membantu pakaian Penari, mengingat sanggar Semara Jaya akan tampil pada pawai Pesta Kesenian Bali ( PKB) sebagai duta Kabupaten Badung. “Kami sangat berharap Pak Suyasa dapat membantu untuk pengadaan pakaian yang akan dipakai anak -anak saat Pentas di PKB,”harapnya.

Terhadap aspirasi yang disampaikan Pengempon Merajan Bendesa Manik Mas, Wayan Suyasa menyatakan kesiapannya untuk membantu mewujudkan pembangunan merajan yang diempon puluhan KK tersebut.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana 

“Mohon prajuru membuat proposal untuk pengajuan bantuan. Karena dana masyarakat yang dikelola pemerintah harus dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

WS begitu Wayan Suyasa akrab disapa juga menegaskan selaku wakil rakyat di DPRD Badung tidak akan membeda bedakan masyarakat untuk itu pihaknya meyakinkan akan berjuang maksimal mewujudkan pembangunan Merajan Bendesa Manik Mas Desa Adat Bualu. Kami akan kawal maksimal agar hingga bisa cair dana yang diharapkan bisa membantu pewangunan merajan ini,”ungkapnya.

Sebagai bentuk motivasi kepada krama pengempon, politisi tiga periode di DPRD Badung ini menyerahkan bantuan dana Rp 5 juta. Sementara terkait permohonan Sanggar Seni Semara Jaya Wayan Suyasa yang akan mewakili Kabupaten Badung pada pawai Pesta Kesenian Bali tahun 2023 Wayan Suyasa membantu dana sebesar Rp 7,5 juta kepada sanggar yang pernah mengantarkan Kabupaten Badung meraih juara 1 pada lomba Angklung se Bali di ajang PKB 2008. Hal ini sesuai komitmennya dalam pelestarian adat seni budaya.

“Semoga bermanfaat, intinya kami siap memfasilitasi berbagai aspirasi terlebih untuk pelestarian adat seni budaya dan hal ini harus direalisasikan melalui kreativitas generasi muda khususnya yang tergabung dalam sanggar seni,”tegasnya. (Kbh6)

Related Posts