October 26, 2024
Pariwisata

“Dewisnu” Berikan Pelatihan 20 Kepala Desa Kabupaten Kepulauan Anambas Pengembangan Desa Wisata

Gianyar – Kabarbalihits

Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) dibawah kepemimpinan Jro Mangku Kandia kembali melaksanakan Desa Wisata Acadeny (Dewa) berupa Training of Trainer Konsultan Desa Wisata Nasional bagi 20 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan yang berlangsung 26 -29 Januari 2023 diikuti 43 orang peserta yang merupakan kepala desa dan perangkat desa tersebut, diisi pelatihan dan peninjauan langsung objek wisata serta beberapa Desa Wisata yang ada di Bali.

Ditemui disela kegiatan, Jumat 27 Januari 2023 Ketua Umum Yayasan Desa Wisata Nusantara, Dr. Jro Mangku Nyoman Kandia menyampaikan penyelenggaraan “Dewa” Desa Wisata Academy kali ini merupakan pelaksanaan ke 18, dengan peserta 20 desa se Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).”Peserta sebanyak 43 orang ini ingin belajar bagaimana menjadi seorang mentor dalam pengembangan desa wisata. Sehingga para peserta ini setelah kembali ke desanya masing -masing, bisa mendidik masyarakatnya,”ungkapnya.

Dengan konsep gagasan inovatif langsung aksi (Gila) Mangku Kandia yakin para peserta akan mampu mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya. Mangku Kandia juga mengatakan sesuai harapan Presiden Jokowi agar desa di Indonesia menjadi Desa Wisata sehingga diperlukan mentor untuk pengembangannnya.

“Inilah inisiasi dari yayasan Desa Wisata Nusantara melalui vokasi atau pendidikannya Desa Wisata Academy. Dengan memberi pembekalan dan melihat langsung desa yang sudah berkembang menjadi desa wisata,”tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat apresiasi Perbekel Mas, I Wayan Gede Darmayuda. Atas nama masyarakat dirinya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada yayasan Desa Wisata Nusantara karena dengan adanya Training of Trainer ini berdampak pada kemajuan Desa Wisata Mas sebagai salah satu lokasinya. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. “Tentu dengan TOT ini kami bisa sharing pengalaman atau memberikan pelatihan kepada masyarakat di Indonesia bagaimana pentingnya menjadi seorang pemandu di desa wisata,”ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Eka Wiryastuti Buka Kembali DTW, Dipusatkan Di DTW Ulun Danu Beratan

Ketua rombongan sekaligus Sekretaris Apdeksi Kabupaten Anambas, Babandi menyatakan kegiatan di Desa Wisata Mas ini untuk belajar atau untuk mendapatkan ilmu dalam rangka mengembangkan desa wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Anmbas. “Kami bersyukur selama disini, materi -materi yang diberikan sangat bagus dan semoga bermanfaat dan kami bisa menerapkan di desa kami masing-masing,”harapnya.

Babandi juga menerangkan Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki kemiripan dengan Bali, yakni terdiri dari beberapa gugusan pulau kurang lebih 500 pulau.Pulau dengan pasir putih ini memiliki pantai yang bersih serta didukung air jernih dan indahnya terumbu karang.

“Kami menerapkan wisata alam yakni wisata bahari,”paparya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Apdesi Kabupaten Kepulauan Anambas Azman Riadi yang mengatakan terima kasihnya dapat melihat langsung kondisi pariwisata Bali yang sudah terkenal di mancanegara.

“Jadi kami di Kabupaten Kepulauan Anmbas khususnya di desa-desa ingin membangun pariwisata ditingkat desa. Kami ingin belajar, ingin melihat dan apa yang harus kami lakukan setelah belajar dari sini, tentang apa yang bisa diterapkan didesa kami,” tegasnya.

Sebagai informasi Yayasan Desa Wisata Nusantara telah sukses melaksanakan Desa Wisata Academy selama 4 tahun dengan ratusan alumninya yang tersebar di seluruh Indonesia. (Kbh6).

Related Posts