January 31, 2023
Pendidikan

Unhi Gelar Persembahyangan Bersama Tepat di Malam Siwaratri, Jadikan Ajang Introspeksi Diri

Denpasar-kabarbalihits

Sebagai agenda rutin setiap Siwaratri, segenap civitas akademika Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar melaksanakan persembahyangan bersama yang diikuti oleh para dosen, pegawai dan mahasiswa. Persembahyangan ini juga merupakan kegiatan untuk memohon kemudahan dalam berkegiatan utamanya menjalankan tugas secara akademis di Unhi Denpasar.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S menyatakan perayaan Hari Siwaratri ini bukan malam penebusan dosa, melainkan introspeksi diri terkait apa yang sudah dilakukan selama ini dan apa yang seharusnya dilakukan di masa yang mendatang. “ Saya berharap melalui malam Siwaratri kali ini akan mampu memunculkan kesadaran antara batiniah dan lahiriah,” ucap Damriyasa.

Turut hadir pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi dalam malam Siwaratri yang di gelar di Pura Maha Widya Mandira Unhi Denpasar, jumat (20/1). Ketua Yayasan, Kolonel Purn. Dr. Drs. Dewa Ketut Budiana, M.Fil berharap melalui malam Siwaratri ini SDM Hindu harus memiliki militansi terhadap bangsa dan negara. Karena di era globalisasi saat ini tantangan terhadap negara termasuk umat Hindu sangat berat dan beragam.

Baca Juga :  Prodi MKN PPs Unwar Gelar Seminar Nasional “Disharmoni Penyelesaian Kasus-Kasus Perceraian Dalam Perspektif Hukum Perkawinan Nasional Indonesia”

“Untuk itu dalam perayaan Hari Siwaratri kali ini sangat erat kaitanya dengan peningkatan SDM utamanya SDM Hindu karena Siwaratri jika dimaknai secara filosofi merupakan tahapan dari manusia menjadi manusia dewa,” ujarnya.

Malam Siwaratri kali ini juga diisi dengan diskusi  yang mengambil tema tentang fenomena terhadap perkembangan Siwaratri dalam konteks kekinian yakni di era digital.(kbh2)

Related Posts