October 27, 2024
Daerah

Melalui SIPESAT, Desa Tegal Harum Raih Juara Satu Dalam Kompetisi Inovasi Perangkat Daerah Kota Denpasar

Denpasar – kabarbalihits 

Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat, menorehkan prestasi yang membanggakan dalam ajang kompetisi inovasi perangkat Daerah Kota Denpasar tahun 2002. Melalui Aplikasi Perpustakaan Digital (SIPESAT) Desa Tegal Harum memperoleh Juara Satu kategori Inovasi Bentuk Lainnya Yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah. 

Penghargaan diterima oleh Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara, yang diserahkan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Anak Agung Gede Risnawan, bertempat di Gedung Wanita Shanti Graha Denpasar, Rabu (14/12). 

Penilaian kompetisi dimulai dari bulan juli dengan melaksanakan pengumpulan proposal dan presentasi inovasi dari OPD yang ada di kota Denpasar, dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapangan pada bulan Oktober, untuk memverifikasi kebenaran atau kenyataan dari inovasi yang disampaikan di proposal dengan pelaksanaanya di lapangan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Gede Risnawan mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan peraturan pemerintah dan juga telah dituangkan dalam Perwali, dimana diharapkan semua perangkat daerah termasuk Kepala Desa dan Lurah untuk bisa menelorkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Anak Agung Gede Risnawan sangat mengapresiasi Perbekel bersama jajaran di Desa Tegal Harum, karena telah mampu menelorkan inovasi yang sangat berguna bagi masyarakat, sehingga mendukung progran Pemerintah di Kota Denpasar pada khususnya dan Provinsi Bali pada umumnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Mekel Desa Tegal Harum beserta jajaran yang sudah bisa menelorkan inovasi yang merupakan satu-satunya pemenang yang berasal dari Pemerintahan Desa. Nantinya kami harapkan dengan inovasi yang di hasilkan oleh Desa Tegal harum, semua Kepala Desa dan Lurah yang ada di Kota Denpasar untuk bisa bangkit dan memperlihatkan inovasi-inovasi untuk menjalankan kegiatan yang ada di masing masing desa atau kelurahan” ujarnya.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Galungan BLT Cair, Warga Tegal Harum Sumringah

Sementara salah satu dewan juri, Agus Fredy Maradona, SE., M.S.A., PhD., Ak., mengatakan, dengan adanya kompetisi ini diharapkan inovasi yang ada di Kota Denpasar dapat terus berkembang dan lebih inovatif, sehingga bisa menjadikan Kota Denpasar sebagai daerah yang inovatif, bukan hanya di Bali tapi juga di Tingkat Nasional.

Fredy Maradona juga sangat sangat mengapresiasi inovasi yang dihasilkan oleh Desa Tegal Harum, dimana inovasi yang dilaksanakan merupakan pembaharuan dari pelayan publik di tingkat desa. Pelayanan di tingkat Desa yang sebelumnya terkesan lambat, membosankan dan tidak nyaman, itu sama sekali tidak terlihat ketika kami melakukan kunjungan ke Desa Tegal Harum.

“Desa Tegal Harum sangat luar biasa, kami datang bersama tim untuk melakukan verifikasi lapangan. Jadi saya yakin tidak banyak Kantor Desa atau Kelurahan yang inovatif seperti Desa Tegal Harum. Harapan kami inovasi yang dilaksanakan di Desa Tegal Harum bisa juga di ikuti oleh desa-desa lainnya, sehingga seluruh Desa di Kota Denpasar bisa lebih inovatif dan timbul juga semangat untuk semakin inovatif, sehingga nantinya akan menghasilkan pelayanan publik yang semakin berkualitas kepada masyarakat” ujarnya.

Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena telah terpilih menjadi salah satu inovasi terbaik dalam ajang kompetisi Inovasi Perangkat Daerah Kota Denpasar melalui Aplikasi SIPESAT.

Aplikasi SIPESAT ini terlahir pada saat kondisi pandemi Covid 19, dimana pada saat itu masyarakat dilarang untuk berkerumun dan keluar rumah, sehingga timbul ide untuk membuat SIPESAT, agar layanan perpustakaan di Desa bisa tetap berjalan,

“Jadi Masyarakat bisa mengakses buku-buku bacaan melalui E-Book kapanpun dan dimanapun berada secara gratis, hanya dengan bermodalkan smartphone dan internet. Dan ini konsep pelayanan prima yang kami unggulkan di Desa Tegal harum. Kedepannya kami ingin terus berinovasi karena merupakan salah satu modal kami untuk memberikan pelayanan yang maksimal, efektif dan efisien, disamping untuk membangkitkan kreatifitas jajaran kami di Desa Tegal Harum” ujar Perbekel Milenial dan Inovatif ini.

Baca Juga :  Wakil Bupati Tabanan Motivasi Para Penyuluh Pertanian

Tim dewan juri dalam ajang kompetisi Inovasi Perangkat Daerah Kota Denpasar terdiri dari Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M.Si., Agus Fredy Maradona, SE., M.S.A., PhD., Ak., dan Kadek Januarsa Adi Sudharma, SH., M.H. (kbh5)

Related Posts