October 14, 2024
Pendidikan

Piodalan Saraswati di Unwar, Rektor Turut Ngaturang Ayah Memercikkan Tirta

Denpasar-kabarbalihits

Piodalan Hari Raya Saraswati merupakan peringatan bahwasanya sang pencipta telah menurunkan kebijaksanaannya dalam bidang ilmu pengetahuan ke dunia untuk bisa dimanfaatkan oleh umat manusia dalam kaitannya untuk meningkatkan kesejahteraan serta mendapatkan kebahagiaan. Terkait hal tersebut, Universitas Warmadewa (Unwar) sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi di Bali tetap melaksanakan piodalan yang jatuh pada saniscara umanis wuku watugunung tersebut.

Tampil sebagai panitia dalam Piodalan Saraswati di Unwar kali ini adalah Fakultas Pertanian. Seusai piodalan, Dekan, Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb didampingi ketua panitia mengatakan piodalan kali ini merupakan pelaksanaan perdana setelah Indonesia khususnya Bali melewati pandemi covid 19. Sehingga pada kali ini piodalan mengundang seluruh civitas akademika Universitas Warmadewa yang harapannya mampu mendapatkan berkah untuk kesejahteraan dan peningkatan karakter sebagai insan akademis di kampus yang berlokasi di Jalan Terompong, Tanjung Bungkak, Denpasar ini.

“Oleh karena itu kami sebagai panitia piodalan telah melakukan serangkaian agenda acara ini mulai dari ‘Ngaturang Ayah’ selanjutnya Mendak Tirta dan diiringi dengan Tabuh Rah, setelah itu baru kita lakukan pada hari ini yakni puncak upacaranya,” ujar Sadguna, sabtu (22/10).

Sementara itu, Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP & Sp.Park menyatakan Universitas Warmadewa sebagai pusat pendidikan tinggi wajib memperingati hari raya yang jatuh setiap 6 bulan sekali ini.

“Pada saat seperti inilah kita harus betul-betul memanfaatkan momen untuk bisa lebih memaknai hari ini dengan terus belajar, karena ilmu pengetahuan setiap saat berkembang dengan pesat,” ucap Rektor.

Prof. Widjana menambahkan, kemajuan Universitas Warmadewa yang sangat pesat hingga saat ini tidak terlepas dari anugerah Sanghyang Parama Kawi (Tuhan Yang Maha Esa) khususnya Ida Sang Hyang Saraswati. “Jadi mudah-mudahan ke depan kita tetap bisa melaksanakan kegiatan ini dan benar-benar menyadari bahwa kita harus terus meningkatkan kualitas keilmuan kita sehingga bisa menghadapi tantangan yang ada di depan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Warmadewa,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jamin Dana Nasabah, LPS Ajak Nasabah di Bali Percaya Bank

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh civitas akademika Unwar untuk bisa memaknai dunia dari “A Widya menjadi Widya”.

“Jadi kegelapan menjadi pencerahan dan kampus khususnya Universitas Warmadewa, serta SMK Warmadewa, PAUD Warmadewa dan kita juga punya College, merupakan bagian dari cara kita mewadahi dalam hal peningkatan sumber daya manusia kita,” ujar Wisnumurti.

Wisnumurti berharap melalui pengabdian di dunia pendidikan, mengagungkan Dewi Saraswati sebagai simbol ilmu pengetahuan, bisa memberikan yadnya pencerdasan kepada seluruh generasi selanjutnya.(kbh2)

Related Posts