October 27, 2024
Pendidikan

Warmadewa Architecture, Student Exchange Program (WASTU) International Class

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Warmadewa (Unwar) melalui Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanan (Prodi Arsitektur FTP) menyelenggarakan International Student Orientation (ISO) di Ruang Teater Unwar Gedung G Lt 3 pada Selasa (18/10/22).

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan FTP, Ka. LPKP, Ka International Office, Kaprodi Arsitektur, Dosen Arsitektur dan seluruh mahasiswa internasional dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia.

Prodi Arsitektur FTP Unwar menerima 12 mahasiswa internasional dan akan menempuh studi selama tiga bulan.

Wakil Rektor I, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si. mengatakan bahwa sesuai dengan visi Unwar yang telah di launching yaitu kompetitif secara global pada tahun 2034, salah satu prodi di Unwar yaitu prodi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan telah merintis melakukan Inbound and Outbound Student Exchange Mobility atau istilahnya adalah pertukaran mahasiswa internasional antara Universitas Warmadewa dengan Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia.

Baca Juga :  Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2573

Ia menyampaikan bahwa program ini merupakan pintu masuk Unwar menuju go global. Kedepan, akan ada penawaran untuk prodi-prodi yang lain dan harus dikejar, karena menurutnya ini sangat sesuai dengan instrumen akreditasi yang mana mahasiswa internasional adalah salah satu indikator kinerja utama (IKU) yang harus dicapai. Untuk perguruan tinggi dikatakan 0,25% dari seluruh mahasiswa dan untuk prodi yaitu 1,5%, sehingga Prodi Arsitektur dengan adanya 12 orang mahasiswa dari luar negeri ini menandakan sudah mencapai IKU. Lebih lanjut dikatakan, melalui kegiatan ini dapat menjadi salah satu landasan untuk meningkatkan kelembagaan yaitu akreditasi, dan ia menegaskaskan bahwa pihaknya sudah memetakan pada tahun 2024 prodi Arsitektur harus meraih akreditasi Unggul, yang mana dilihat dari rekam jejak kinerja-kinerja akademik, baik itu dosen dan mahasiswa sudah sangat memungkinkan untuk meraih akreditasi Unggul.(r)

Related Posts