October 14, 2024
Daerah

Walikota Denpasar Launching Anjungan Dukcapil Mandiri di Desa Tegal Harum

Denpasar – kabarbalihits 

Memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, Desa Tegal Harum kini telah menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Peluncuran anjungan ini dilakukan langsung oleh Walikota Denpasar, I G.N. Jaya Negara, S.E., Jumat (2/9) di Kantor Desa Tegal Harum. 

Anjungan Dukcapil Mandiri adalah mesin yang memungkinkan masyarakat mencetak sendiri dokumen kependudukan, diantaranya kartu keluarga, kartu identitas anak, dan akta perkawinan. Masyarakat yang telah melakukan proses pengurusan dokumennya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, akan mendapatkan barcode dan PIN yang dikirim lewat e-mail. 

Dengan PIN dan barcode tersebut, masyarakat dapat langsung mencetak dokumen kependudukannya sendiri di Anjungan Dukcapil Mandiri. Walikota Denpasar, I G.N. Jaya Negara menyambut baik keberadaan Anjungan Dukcapil Mandiri di Kantor Desa Tegal Harum. Saat ini Desa Tegal Harum adalah desa pertama di kota Denpasar yang memiliki fasilitas Anjungan Dukcapil Mandiri. 

“Komitmen pemerintah di dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, kita melakukan inovasi, salah satunya sekarang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri. Kita berterima kasih dengan Desa Tegal Harum, yang sudah berkolaborasi dengan Bank BPD Bali dan Dukcapil, sehingga bisa ada Anjungan Dukcapil Mandiri di Desa Tegal Harum ini. Jadi upaya kita meningkatkan kualitas pelayanan bisa dilakukan sekarang dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Walikota Jaya Negara. 

Sementara itu Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara mengatakan pengadaan Anjungan Dukcapil Mandiri didanai oleh CSR Bank BPD Bali Kantor Cabang Utama dan APBDes Desa Tegal Harum. Sedangkan supporting system-nya didukung penuh oleh Dinas Dukcapil Kota Denpasar. 

Baca Juga :  Pimpin Gerakan Serentak Penanaman Pohon di Muara Sungai Yeh Ho Pasut, Bupati Sanjaya Tanam Pohon Sukun, Terinspirasi Dari Perenungan Bung Karno Dalam Perumusan Pancasila di Bawah Pohon Sukun

Komang Adi Widiantara mengatakan keberadaan Anjungan Dukcapil mandiri ini adalah momentum transformasi dari pelayanan manual ke sistem pelayanan online, yang sejalan dengan keinginan Desa Tegal Harum menjadi desa literasi digital. Menurutnya, anjungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa tegal Harum dalam mengurus dokumen kependudukan. 

“ Pemerintah Desa Tegal Harum sangat beruntung karena hari ini telah dilaksanakan launching Anjungan Dukcapil Mandiri oleh Bapak Walikota Denpasar. Dengan adanya anjungan ini, kami merasakan manfaatnya yang sangat besar, sehingga mempermudah masyarakat kami dalam mendapatkan pelayanan, khususnya dalam melakukan pencetakan dokumen kependudukan,” jelas Komang Adi. 

Lebih lanjut, Komang Adi Widiantara menambahkan Desa Tegal Harum memiliki lebih dari 13 ribu jiwa warga, sehingga frekuensi pengurusan dokumen kependudukannya sangat tinggi. (kbh7)

Related Posts