October 14, 2024
Pendidikan

Hadirkan Hakim MK, UNHI Jalin Kerjasama Dalam Pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia atau UNHI Denpasar melalui Fakultas Hukumnya menjalin kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan berupa penandatanganan MoU dan seminar ini sekaligus dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke- 77 yang tepat jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022.

Langkah ini sangat tepat, terlebih lagi UNHI telah memiliki Pusat Kajian Studi Pancasila. Sehingga kedepannya Universitas Hindu pertama di Bali ini diharapkan bisa berkontribusi lebih banyak lagi terhadap pengembangan nilai-nilai Pancasila.

“Kerjasama UNHI dengan Mahkamah Konstitusi direalisasikan dengan penandatanganan MoU dalam rangka pencapaian pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut,” ujar Wakil Dekan Hukum UNHI,  Ida Bagus Alit Yoga Maheswara, SH.,MH, yang sekaligus menjadi Ketua Panitia kegiatan, sabtu (6/8).

Seusai penandatanganan noktah kesepahaman dengan MK, UNHI langsung membuka seminar yang menghadirkan sebanyak 3 narasumber yakni, Hakim Mahkamah Konstitusi,  Prof. Dr. Arief Hidayat S.H., M.S, serta dua akademisi UNHI Prof. Dr. I Made Arya Utama,SH.,M.Hum dan Prof. Dr I Putu Gelgel, SH., M.Hum dengan mengambil tema “Menjaga NKRI Berdasar Pancasila Teladan dari The Founding Fathers”.

“Tema tersebut untuk kita mengingat, mulai dari falsafah Pancasila itu dibuat untuk menyatukan masyarakat Indonesia yang heterogen serta bagaimana kita menjaga dan mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang ada, salah satunya the Founding Fathers yang sudah mendahului kita,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Tenaga Teknis Kefarmasian Lulusan Ke 10 Fakultas Farmasi Unmas Denpasar

Rektor UNHI Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S mengatakan, sesungguhnya UNHI utamanya Fakultas Hukum mampu melakukan banyak hal. Dari kegiatan ini merupakan kegiatan yang berlanjut. Oleh karena itu dengan kerjasama yang dilakukan UNHI dengan Mahkamah Konstitusi merupakan membangun kedekatan antara Universitas Hindu Indonesia dengan Mahkamah Konstitusi.

“Jadi dengan kehadiran hakim konstitusi yakni bapak Profesor Arif Hidayat merupakan suatu kebanggaan bagi kami di Universitas Hindu Indonesia,” pungkas Rektor. (kbh2).

Related Posts