October 27, 2024
Daerah

C-Par Beras Murah Berkualiatas, Parwata: Wujudkan Bangga Menjadi Petani

Badung-kabarbalihits

Ketua DPRD Badung Putu Parwata terus memperkenalkan inovasi baru yang dibuat untuk membantu para petani padi di Badung. Setelah memberi pupuk green dan bibit, kini Putu Parwata membuat inovasi beras berkualitas dengan harga murah hasil dari petani di Badung.

Parwata mengatakan, beras yang diberi nama C-Par ini merupakan hasil pertanian dari masyarakat Badung yang sebelumnya dilakukan demplot. Melalui PT. Padi Alam Semesta (PAS) gabah para petani dibeli lalu diolah menjadi beras murah berkualitas.

“Inilah hasil olahan beras yang disebut C-Par. Sudah siap edar dan C-Par memiliki kualitas yang baik dari hasil uji coba bahwa petani sudah merasakan pendapatan naik 100 persen,” ujarnya ditemui, Kamis (19/5).

Dari hasil demplot yang sudah dilakukan dibeberapa desa Parwata mengatakan, keuntungan petani jauh meningkat. Pihaknya mencontohkan misal, dari 6 ton sekarang menjadi 11-12 ton per hektar. “Ini berarti peningkatan produksi petani. Lantaran hasil meningkat maka gabahnya kita olah menjadi beras yang berkualitas dengan harga murah dan kita salurkan lagi ke masyarakat,” paparnya.

PT. PAS ini lanjut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung itu merupakan adalah milik petani Badung yang bergabung jadi mitra yang berjumlah sekitar 37.000. PT. PAS juga saat ini sedang merancang nilai tambah untuk petani yakni akan mendapat jaminan sosial yang akan difasilitasi PT. PAS. “Jadi petani tidak usah ragu lagi tentang kehidupannya. Lima jaminan tersebut yakni kesehatan, hari tua atau pensiun, kematian, kecelakaan kerja dan beasiswa untuk anak-anaknya. Semua ditanggung PT. PAS,” jelasnya.

Baca Juga :  PPKM Level 2 Taman Bermain Puputan Badung Dibuka, Orang Tua Masih Was-was

Peluncuran beras C-Par salah satu bentuk untuk memberdayakan dan mendorong semangat kerja petani. Sehingga tagline bangga menjadi petani tersebut benar-benar dirasakan. “Petani bangkit masyarakat sejahtera. Kita sama-sama semangat membangun pertanian sebagai sektor unggulan di Badung. Jadi siapapun bisa menjadi agen,” ujarnya.(kbh6)

Related Posts