October 14, 2024
Hukum Pendidikan

UNHI dan Komisi Yudisial RI Bekerjasama, Ini Yang Akan Terjadi

Denpasar-kabarbalihits

Kerjasama Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar dengan institusi luar terus bertambah. Teranyar, kerjasama dilakukan dengan Komisi Yudisial RI dalam hal sosialisasi pembentukan dan penerimaan penghubung Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia Provinsi Bali 2022, bertempat di kampus UNHI, selasa (19/4).

Terkait kerjasama tersebut, melalui Fakultas Hukum yang dimiliki, Universitas Hindu Indonesia mengerahkan tenaga mudanya untuk mensosialisasikan semua program KY ke masyarakat. “Sehingga Komisi Yudisial tidak menjadi menara gading dalam sebuah konstitusi. Melainkan menjadi bagian dari informasi yang disampaikan kepada masyarakat secara luas,” ucap Wakil Rektor III Unhi Dr. Drs. I Putu Sarjana, M.Si.

Sarjana berharap, terkait sosialisasi kedepannya akan meningkat dengan penandatanganan MoU.

“Jadi terima kasih, karena sosialisasi ini bisa disampaikan secara akademis dan nonakademis seperti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, kerjasama Komisi Yudisial dengan UNHI adalah kali pertama dilakukan pada perguruan tinggi di Bali. Asisten Pengawasan Persidangan Komisi Yudisial RI, Endru Mahendra, S.IP.,MH mengatakan, agenda utama di Tahun 2022 ini adalah pembentukan kantor penghubung di daerah utamanya Bali. Dalam realisasinya nanti akan terjadi sinergi antara kantor pusat, kantor penghubung serta UNHI dalam bentuk MoU.

Baca Juga :  Dies Natalis XXXVIII, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Komitmen Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

“Jadi kita bisa membuat semacam klinik etik, lokakarya, FGD dan lain sebagainya. Dengan kerjasama antara KY dan Universitas Hindu Indonesia diharapkan universitas ini nantinya bisa menjadi corongnya komisi yudisial di daerah. Sehingga pengenalan KY di masyarakat itu menjadi lebih masif,” pungkasnya. (kbh2).

Related Posts