October 14, 2024
Pendidikan

UNHI Lounching Purana Wellness, Hadirkan Layanan Kebugaran Berbasis Kearifan Lokal Bali

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kreativitas segenap civitas akademika. Salah satunya adalah tepat pada hari senin (11/4) UNHI Denpasar meresmikan Purana Wellness yang digelar di Gedung Griya Sehat Ayur Weda Universitas Hindu Indonesia ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor UNHI, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S dan Direktur Utama PT KAS, Irwan Santo Wijaya.

Seusai peresmian, Rektor UNHI Prof. Damriyasa mengatakan, Purana Wellness adalah layanan kesehatan atau pelayanan kebugaran berbasis kearifan lokal Bali. Menurutnya, Universitas Hindu Indonesia yang merupakan perguruan tinggi yang kental dengan kearifan lokal Bali serta berkaitan dengan bidang kesehatan sah memberikan layanan kepada masyarakat.

“Untuk itu kami berharap masyarakat yang ingin bugar, yang ingin menjaga kesehatan, dengan berbasis kearifan lokal datanglah ke Griya Sehat Universitas Hindu Indonesia,” ajaknya.

Damriyasa menambahkan, Purana Wellness merupakan salah satu cara membangun kebugaran agar terhindar dari penyakit infeksi maupun penyakit non infeksius.

“Tentu ini adalah salah satu pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi juga di dalamnya adalah pendidikan yaitu bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membangun kebugaran. Kemudian juga pengabdian kepada masyarakat, kemudian juga beberapa riset yang terkait dengan pengobatan tradisional yang kita laksanakan di UNHI,” imbuhnya seraya menyatakan Purana Wellness terintegrasi dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu dalam operasional Purana Wellness, UNHI bekerjasama dengan PT KAS.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Kolonel Purn. Dr. drs. Dewa Ketut Budiana M.Fil mengatakan, fungsi UNHI sebagai salah satu perguruan tinggi telah turut menggali kearifan lokal sesuai dengan fungsinya, tidak hanya eksis dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, juga telah menggali pengetahuan yang bersifat tradisional.

“Seperti purana, lontar mulai kita bongkar semua supaya benar-benar UNHI itu mampu memberikan ilmu sekala Niskala,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Sosialisasikan Perbup No. 57 Tahun 2021

Turut hadir dalam peresmian Purana Wellness, Ketua Umum BKOW Bali, Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati. Istri Wakil Gubernur Bali ini mengapresiasi layanan terbaru Universitas Hindu Indonesia karena menggunakan kearifan lokal yang sumber-sumbernya berasal dari bahan-bahan pelestarian budaya Bali, seperti usada yang berasal dari lontar.

“Saya juga menyatakan apresiasi karena dalam kegiatan ini menggunakan produk-produk UMKM yang telah terpuruk sekian tahun akibat pandemi Covid 19. Syukur saat ini bisa tampil kembali untuk bangkit memasarkan produk-produknya di Griya Sehat UNHI ini,” tutupnya. (kbh2)

Related Posts