October 14, 2024
Daerah

Wayan Suyasa Terima Aspirasi Sekaa Santi Hingga Perbaikan Pelinggih Pura Batur Sari

Badung-kabarbalihits

Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa kembali menerima sejumlah aspirasi masyarakat dari berbagai wilayah di Kabupaten Badung. Bertempat dikediamannya di Desa Penarungan, Minggu 27 Maret 2022 tokoh novatif tiga periode di DPRD Badung yang akrab disapa WS itu menerima aspirasi krama Pengempon Batur Sari yang memohon bantuan fasilitasi untuk perbaikan pelinggih di pura yang berada di Banjar Seka Jati Desa Taman. Selain itu Wayan Suyasa yang didampingi Ketua PK Partai Golkar Kecamatan Abiansemal Anak Agung Jelantik Trinaya dan Sekretaris PK Partai Golkar Kecamatan Petang Anak Agung Anom Budaya juga menyerahkan bantun masing -masing Rp 3 juta untuk Sekaa Santi Dharma Gita Desa Adat Selat dan Sekaa Santi Tunjung Mekar Desa Adat Punggul yang ada di Kecamatan Abiansemal.

I Gusti Ngurah Ketut Mertawan perwakilan Pengempon Pura Batur Sari Banjar Seka Jati Desa Taman dihadapan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa menyampaikan beberapa pelinggih di pura tersebut keadaanya sudah sangat mendesak untuk dilakukan perbaikan. Untuk itu pihaknya sangat berharap Wayan Suyasa dapat membantu mewujudkan perbaikan pelinggih di pura yang berada dalam wilayah Banjar Seka Jati itu.

“Kami menghadap Bapak Wayan Suyasa untuk memohonkan hal itu, intinya kami sangat berharap Pak Suyasa dapat membantu,”harapnya.

Sementara Jro Mangku Dalem Alit selaku perwakilan Sekaa Santi Dharma Gita Desa Adat Selat menyatakan memohon bantuan kepada Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa untuk menunjang kegiatan sekaa santi dalam upaya pihaknya ngaturang ayah dalam pelaksanaan upacara yadnya maupun pujawali khususnya di Desa Adat Selat.

“Kami memohon bantuan Pak Suyasa, berupa piranti (peralatan, red) untuk menunjang sekaa santi kami dalam ngaturang ayah,”ujarnya.

Hal senada disampaikan Pak Pondok perwakilan Sekaa Santi Tunjung Mekar Desa Adat Punggul yang memohon bantuan untuk kegiatan pesantianya ngayah di pura.

“Semoga Bapak Suyasa bisa membantu kami di Sekaa santi,”harapnya.

Sementara,Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa menyatakan rasa gembira dan kagum, adanya krama atau masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Badung sudah berani menyampaikan aspirasinya kepada dirinya selaku wakil rakyat.

“Penyampaian aspirasi kepada wakil rakyat, ini sudah tepat sekali. Meski kami ada di Dapil Mengwi, namun sesuai tupoksi kami adalah DPRD Badung sehingga berwenang menerima dan memfasilitasi aspirasi masyarakat di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Badung,”terangnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Resmikan Logo Baru Sabha Yowana Eka Prapta Desa Adat Pangsan

Terhadap aspirasi perbaikan Pelinggih Pura Batur Sari, secara tegas Wayan Suyasa tokoh inovatif tiga periode di DPRD Badung ini menyatakan siap membantu dengan pengajuan proposal.

“Pada intinya kami siap membantu. Ditahun 2023 mendatang, biarkan kami berupaya membantu melalui ditingkat provinsi maupun di pusat,”tegasnya.

Terhadap permohonan bantuan sekaa santi, secara spontan WS sapaan akrab Wayan Suyasa mengatakan siap membantu untuk kedua sekaa santi tersebut masing -masing Rp 3 juta.

“Mohon jangan dilihat nilainya, tapi hal ini adalah bentuk apresiasi dan motivasi kami kepada sekaa santi dalam pelestarian adat budaya yang telah dilakukan,”paparnya. (Kbh6)

Related Posts