October 14, 2024
Daerah

Penuhi Aspirasi Krama di Desa Adat Bualu, Wayan Suyasa Serahkan Bantuan Rp 35 Juta Untuk Pengadaan Seragam Pecalang Hingga Upacara Pemlastian Nyepi

Badung-kabarbalihits

Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa terbukti konsisten dalam membantu masyarakat di gumi keris Badung. Sungguh luar biasa, ungkapan ini tidaklah berlebihan disematkan kepada Wayan Suyasa, pada  Minggu 6 Februari 2022 Ketua DPD Partai Gokar  Badung ini hadir di Desa Adat Bualu Kelurahan Benoa Kecamatan Kuta Selatan memenuhi aspirasi krama dengan menggelontor bantuan dana sebesar Rp 35 juta.

Adapun bantuan Rp 35 juta yang digelontorkan tersebut merupakan aspirasi kama di Desa Adat tersebut untuk pengadaan seragam Pecalang Rp 15 juta, Panitia pembuatan tari maskot “Padma Kesara” Desa Adat Bualu Rp 10 juta serta panitia Upacara Pemelisan Desa Adat Bualu serangkaian Hari Raya Nyepi Caka 1944 yang dilaksanakan oleh Banjar Pande sebesar Rp 10 juta.

Hadir mendampingi I Wayan Suyasa, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bali, I Wayan Rawan Atmaja, Anggota Fraksi Golkar DPRD Badung I Nyoman Karyana atau yang akrab disapa Pak Koprok serta Anggota DPRD Badung dari Partai Demokat I Made Retha.

Mengawali sambutannya dihadapan Krama dan Prajuru Desa Adat Bualu yang hadir di Kantor Pecalang desa adat setempat, Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa menyampaikan kehadirannya di Desa Adat Bualu Kuta Selatan untuk memenuhi undangan  yang disampaikan kepadanya oleh para prajuru beberapa waktu lalu terkait beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Adat Bualu.

“Kehadiran kami disini tidak berbicara untuk kepentingan politik meskipun kami orang politik yang duduk sebagai wakil rakyat. Sebagai DPRD Badung kami berwenang menyerap aspirasi masyarakat Badung dari Kecamatan Petang hingga Kecamatan Kuta Selatan,”ujar Suyasa.

Baca Juga :  Bantu Krama Saat Hari Raya Nyepi, Desa Adat Tanjung Benoa Kembali Bagikan 1.000 Paket Sembako

Wayan Suyasa tokoh asal Desa Penarungan Mengwi yang memasuki periode ke tiga di DPRD Badung ini juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan dan tidak terkotak kotak oleh kepentingan politik sesaat.

“Persaudaraan, persatuan yang sudah terjaga selama ini dengan baik, jangan sampai rusak oleh kepentingan politik sesaat. Ini yang kami tekankan,”terangnya.

Sebagai bagian pemerintahan Kabupaten Badung WS sapaan akrab Wayan Suyasa memohon maaf karena saat ini pemerintah belum dapat memaksimalkan bantuannya kepada masyarakat, akibat pandemi covid-19 yang menyebabkan pendapatan Kabupaten Badung yang bersumber dari sektor Pariwisata  melorot tajam.

“Disini, di Wilayah Nusa Dua bagian dari penyumbang Pendapatan Asli Daerah Badung cukup besar, sebelum pandemi Covid-19 melanda. Karena Kami bagian dari pemerintah Badung tentu hal ini menjadi kewajiban untuk disampaikan. Semoga covid-19 segera berlalu, pariwisata bangkit, ekonomi pulih dan pemerintah dapat kembali membantu masyarakat seperti dahulu,”bebernya.

Secara khusus Wayan Suyasa mengatakan sebagai wakil rakyat tentu harus berani dan berupaya maksimal memfasilitasi maupun memperjuangkan aspirasi masyarakat, meskipun dimasa sulit akibat Pandemi sekarang ini.

“Sebagai bukti kami melaksanakan swadarma sebagai DPRD Badung meski tidak sempurna.Mohon jangan dilihat nilainya tapi ini merupakan motivasi untuk semangat kebersamaan krama. Kepada Pecalang kami serahkan bantuan Rp 15 juta, panitia tari maskot Desa Adat Bualu, kami juga serahkan Rp 10 juta serta untuk Banjar Pande dalam melaksanakan Upacara pemelisan kami haturkan bantuan Rp 10 juta,” tegas Wayan Suyasa disambut tepuk tangan krama yang hadir.

Bendesa Adat Bualu I Wayan Mudita mewakili krama menyampaikan terima kasihnya kepada Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa yang telah berkenan hadir serta menyerahkan bantuan kepada Desa Adat Bualu.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua DPRD Badung, Bapak I Wayan Suyasa yang sudah hadir  membantu kami dengan menyerahkan bantuan secara pribadi sebagai motivasi,  untuk membantu meringankan beban kami,”ujarnya.

Hal senada disampaikan pemucuk Prawartaka Pemelisan Hari Raya Nyepi Desa Adat Bualu, I Ketut Nesa yang mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan yang diserahkan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Pitra Yadnya Ngaben Masal dan Nyekah Masal Banjar Adat Penikit

“Memang benar seperti yang sudah disampaikan Bapak Wayan Suyasa, kami mendatangi beliau di kantor Dewan untuk memohon bantuan. Terima kasih Pak Wayan Suyasa yang sudah merealisasikan bantuan yang sangat berguna bagi kami,” ujarnya.(kbh6)

Related Posts