October 26, 2024
Kesehatan Pariwisata

Pemangku Pura dan Pelaku Pariwisata di DTW Uluwatu dan Labuan Sait Divaksin Booster

Badung-kabarbalihits

Sebagai salah satu destinasi yang akan menjadi lokasi kunjungan bagi delegasi dari sejumlah event Internasional, DTW Uluwatu, Kuta Selatan, Badung, mulai melakukan vaksinasi dosis ke 3 atau vaksinasi booster. Yang mana, vaksinasi booster ini, menyasar pelaku pariwisata yang ada di lingkungan DTW Uluwatu dan pantai Labuan Sait. Kegiatan vaksinasi ini, juga menjadi yang pertama untuk Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Bali.

Menurut Manajer Pengelola Obyek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana, vaksinasi yang dipusatkan di wantilan DTW Uluwatu ini, menyasar semua pelaku pariwisata yang beraktivitas di DTW Uluwatu dan Labuan Sait. Diantaranya, staf, pedagang, sekaa kecak uluwatu dengan labuan sait, pemandu lokal, lifeguard, transport di lingkungan dan juga ada masyarakat umum termasuk pemangku di Pura Uluwatu dan Labuan Sait.

“Pelaksanaan vaksinasi ini, dilakukan selama dua hari, dari Kamis (3/2) – Jumat (4/2), dengan total kuota yang diberikan sebanyak 800 dosis. Untuk hari pertama, jumlah yang hadir  sebanyak 425 orang atau 50 persen dari jumlah kuota. Tentu vaksinasi ini, tidak hanya untuk pelaku pariwisata saja, namun sasaran juga melibatkan masyarakat sekitar dari dua banjar yakni Karang Boma dan Suluban, yang notabene lokasinya berdekatan dengan DTW Uluwatu dan Labuan Sait,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Wijana, vaksinasi ini merupakan terobosan di DTW dengan didukung oleh Pemkab Badung melalui Dinas Kesehatan, Kecamatan Kuta Selatan, Puskesmas Kuta selatan dan Kuta Induk, serta  Desa. Pihaknya berharap, dengan telah divaksin dosis ketiga ini, para pengunjung di dua DTW ini, bisa merasa aman dan nyaman. Selain itu, vaksinasi ini juga untuk memastikan kesiapan DTW dalam mendukung event Nasional dan Internasional di  Bali. Mengingat DTW Uluwatu, akan menjadi salah satu lokasi kunjungan dari delegasi pada event internasional, termasuk juga event KTT G20.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa membuka seminar nasional DPD KNPI Bertemakan “Nation and Character Building”

Kepala UPTD Puskesmas Kuta Selatan dr I GNB Sastrawan, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk dosis ke 3 atau booster, mulai diberikan bagi masyarakat umum. Yang mana, sebelumnya di Kuta Selatan, vaksinasi booster sudah dilakukan untuk lansia dan pelayanan publik di desa/kelurahan. “Mulai hari ini, vaksinasi booster dilakukan untuk masyarakat umum seperti yang dilakukan di DTW Uluwatu Pecatu, Hotel Four Season dan wantilan Desa Adat Kuwari. Untuk lansia dan pelayanan publik, juga di Tanjung Benoa. Selanjutnya selama satu bulan ini akan terus dilakukan, mengingat ini menjadi fokus sata ini,” ucapnya.

Untuk kegiatan vaksinasi di DTW Uluwatu, pihaknya menurunkan sebanyak 4 tim dengan sasaran 800 orang, terutama bagi pelaku pariwisata dan masyarakat sekitarnya. “Kami turunkan sebanyak 4 tim. Yang mana untuk 1 tim ini bisa melayani 200 orang,” bebernya. (kbh2)

Related Posts