July 27, 2024
Daerah

Gus Adhi Bersama SOKSI Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Bangkitkan “Lahan Tidur” Menjadi Produktif di Mengwi

Badung-kabarbalihits

Dewan Pimpinan Daerah Sentral Organisasi Swadiri Indonesia (Depidar SOKSI) Bali dibawah komando Anak Agung Bagus Adhi ahendra (Amatra) terus mewujudkan program nyata senantiasa membantu masyarakat untuk sekaligus mendukung dan mensukseskan program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan.

Terbaru, Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI Badung bersinergi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali dan Kepolisian Republik Indonesia melalui progran “Polisi Berkebun” dalam hal ini Polres Badung membangkitkan ( pengolahan) lahan tidur untuk menjadi produktif kembali melalui penanaman holtikultura.

Adapun lahan tidur yang diupayakan SOKSI Bali dan BPTP Bali serta Polres Badung agar menjadi produktif kembali adalah lahan persawahan milik I Gede Suantara yang berlokasi di Subak Tungkub Desa Mengwi.

Sedangkan penanaman berbagai sayuran dilahan dengan luas 70 are tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2022 mendatang, yang  akan dihadiri langsung Ketua Depidar SOKSI Bali sekaligus Anggota DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra dan  Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes.

Ketua Depicab SOKSI Badung, I Wayan Arnawan ditemui, Jumat 7 Januari 2022 mengatakan pengolahan lahan yang dilakukan SOKSI Badung bersama BPTP Bali dan Polres Badung ini sebelumnya merupakan lahan tidur atau tidak produktif kurang lebih 10 tahun.

“Nantinya akan kita tanami dengan tanaman holtikultura, mulai sayuran, terong ,cabai dan jagung,”tuturnya.

Sebagai upaya edukasi kepada masyarakat lanjut Arnawan pertanian dilahan ini juga akan berbasis organik.

“Jadi kita berusahan terus mengurangi pupuk kimia. Harapan kita hasil pertaniannya jauh lebih sehat untuk dikonsumsi,”terangnya.

Secara khusus Wayan Arnawan menegaskan, hasil dari lahan yang diolah ini akan diberikan sepenuhnya kepada pemilik lahan sebagai motivasi sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk kembali menggarap pertanian dan perkebunan sebagai  sektor yang tangguh dan dapat diandalkan meski di masa Pandemi sekarang ini.

“Kita hanya membantu mengolah lahan. Namun demikian jika diperlukan kita juga akan membantu pengawasan dan pemeliharaanya bersama BPTP Bali,”tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Hut Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

Sementara pemilik lahan I Gede Suantara menyatakan gembira dan berterima kasih atas adanya program SOKSI Bali bersama BPTP Bali dan Polres Badung, sehingga lahan miliknya yang sudah 10 tahun tidur menjadi produktif kembali. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu. Kami tetap mohin dibantu bimbingan dan petunjuk dalam pengelolaan lahan ini sehingga hasilnya dapat kami gunakan untuk penghidupan keluarga,”ujarnya.(kbh6)

Related Posts