October 27, 2024
Daerah Kesehatan

Terdeteksi Liburan Ke Bali, Wisatawan Asal Surabaya Terpapar Omicron

Denpasar-Kabarbalihits 

Dua wisatawan asal Surabaya, Jawa Timur dikabarkan terpapar varian baru virus Omicron, kedua wisatawan tersebut terdeteksi sempat berlibur ke Bali. 

Hingga saat ini Satgas Covid 19 Provinsi Bali masih melakukan tracing di hotel tempatnya menginap sebelumnya. 

Hal tersebut disampaikan Kadis Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya saat ditemui di Denpasar (3/1/2022). Disebutkan kedua wisatawan ini sempat ke Bali pada tanggal 20 sampai 25 Desember 2021, dan baru terdekteksi setelah diperiksa pada 28 Desember 2021.

“Pasien ini sekarang dirawat di Surabaya, tanggal 20 sampai 25 Desember ia memang berwisata ke Bali, kemudian menginap di salah satu hotel di Sawangan Nusa Dua, tanggal 25 sudah balik,” Jelasnya. 

Untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Omicron ini, Satgas Provinsi Bali telah melakukan tracing ke Hotel tempat wisatawan tersebut menginap. Tracing juga akan dilakukan ke tempat wisata yang sempat dikunjungi kedua orang tersebut. 

“Hari ini dilakukan tracing di Hotel, dan seluruh karyawan saya minta ditracing. Termasuk tempat-tempat wisata yang sempat dikunjungi,” Ujarnya. 

Ditegaskan, hal ini harus dibuktikan dengan pemeriksaan terhadap kedua wisatawan tersebut, untuk menentukan adanya transmisi lokal atau tidak. Ditambahkan, untuk hasil tracing yang dilakukan di Hotel tempatnya menginap bisa ditentukan hari ini (3/1/2022). 

“Tracing masih jalan. Hasil tracing hari ini bisa keluar,” Tutupnya. (kbh1)

Related Posts