October 14, 2024
Pendidikan

Unhi Lounching Program Bali Health & Wellness Academy

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kini memiliki program Bali Health & Wellness Academy. Program yang berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pelatihan kesehatan serta kebugaran Bali ini di resmikan, sabtu (18/12) bertempat di Gedung Griya Sehat Ayurweda Unhi Denpasar.

Bali Health & Wellness Academy diresmikan langsung oleh Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S. Dalam kesempatan tersebut, Damriyasa mengatakan, dengan program ini akan meningkatkan dan mengoptimalkan kearifan lokal yang dimiliki oleh Bali itu sendiri. Sementara dalam program ini akan dilatih keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran berbasis kearifan lokal Bali.

Ditambahkannya, Bali Health & Wellness Academy sangat erat kaitannya dengan reaktivasi sektor pariwisata dalam transformasi ekonomi Bali yang sesuai dengan harapan, yakni menuju Bali era baru. “Sehingga jika dikaitkan dengan pariwisata akan menciptakan pariwisata baru yakni pariwisata kesehatan dan kebugaran. Sementara program ini dibuka untuk umum yang nanti akan berkecimpung di bidang kesehatan dan kebugaran ala Bali,” ucap Damriyasa.

Ketua Bali Health & Wellness Academy, Ni Ketut Rahma Susanti mengatakan, Program ini memang diperuntukkan bagi para akademisi maupun para profesional yang ingin menambah ilmunya terutama untuk mempelajari dan menggali lebih dalam pengobatan dengan menggunakan usada Bali dan kearifan budaya.

Baca Juga :  Pemkab Badung dan Bank BPD Bali Tandatangani MoU "Sidi Kumbara"

“Bentuk program ini nantinya akan dilakukan kursus singkat baik 3 bulan hingga 4 bulan serta mendapatkan sertifikat. Sehingga dengan mengikuti program ini akan membantu pihak-pihak yang berprofesi di bidang pariwisata yang saat ini masih dilihat kurang pengetahuannya mengenai usada bali,” ujarnya.

Sementara secara umum program ini memberikan wellness leadership and enterpreneurship, yakni membantu peserta nantinya jika ingin membuka usaha kesehatan usada Bali, selain itu ada usada dasar, dan lainnya.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Kol. (Purn), Dr.Drs. Dewa Ketut Budiana, M.Fil.H menyatakan dukungannya terhadap program ini karena Bali Health & Wellness Academy pertama kalinya ada di Bali.

Bahkan program yang sangat luar biasa, dengan dua sasaran yang ingin dicapai. Yang pertama adalah output yang dihasilkan melalui program ini dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional, dan yang kedua adalah dengan mengikuti program ini masing-masing peserta memiliki nilai tambah terhadap dirinya sendiri,” pungkasnya.

Sementara yang akan melatih tidak hanya berasal dari Unhi saja tapi juga dari para praktisi yang sudah memiliki pengalaman dibidang yang masing-masing. (kbh2)

Related Posts