October 14, 2024
Pendidikan

Penerapan Good Agriculture Practices Pada Budidaya Kopi Arabika

Bangli-kabarbalihits

Dalam rangka hilirisasi hasil kegiatan progran Matching Fund (MF) Tahun 2021, tim pelaksana program MF Universitas Warmadewa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Penerapan Good Agriculture Practices (GAP) Pada Budidaya Kopi Arabika” di UUP Catur Paramitha, Kintamani Bangli. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2021 dengan menghadirkan 20 anggota subak wanasari kenjung, Kintamani. Kegiatan pengabdian menghadirkan Kepala Lembaga Peneltian Warmadewa dan Kepala Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa.

Ketua tim pelaksana Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si yang didampingi anggota tim pelaksana Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si memberikan penyuluhan Penerapan Good Agriculture Practices (GAP) pada budidaya kopi arabika. Dr, Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si memaparkan bahwa potensi pengembangan lahan usaha tani kopi arabika di Bali belum optimal. Disisi lain produktivitas hasil kopi Arabika Bali masih rendah.

Baca Juga :  Unhi Bersama PHDI Uji Publik Kajian Sabha Walaka Terkait Pedoman Diksa

Jumlah petani kopi semakin berkurang sehingga usaha tani kopi Arabika Bali terancam. Untuk dapat mempertahankan keberlanjutan usaha tani kopi Arabika Bali sangatlah penting sehingga perlu disusun Teknis budidaya kopi yang Baik (Good Agriculture Practices ). Dr, Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si menyampaikan beberapa hal kepada anggota subak tentang budidaya kopi arabika yang baik mulai dari pemilihan lahan, persiapan lahan, pembibitan, penanamaan, pemupukan, pemangkasan , pengelolaan penaung dan pengendalian hama penyakit. Tim pengabdian juga memberikan pendampingan dalam budidaya kopi Arabika di UUP Catur Paramitha, Kintamani Bangli. Dari hasil pelaithan ini diharapkan mitra mendapatkan kopi Arabika dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang meningkatkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar. (r)

Related Posts