October 14, 2024
Daerah Pendidikan Seni Budaya

Duta Dharma SMA N 2 Abiansemal raih juara 3 Lomba Dharma Wacana Tingkat Nasional

Badung-kabarbalihits

SMA N 2 Abiansemal kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Setelah sebelumnya mendapatkan juara dalam berbagai lomba nasional, Sabtu 6 November 2021 pukul 22.00 WITA melalui pengumuman secara virtual Lomba Dharma Wacana Tingkat Nasional dan Konten TikTok Arjuna Digital Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Bimas Hindu RI perwakilan SMAN 2 Abiansemal menjadi Juara 3 Lomba Dharma Wacana Tingkat Nasional.

Ni Kadek Ayu Sri Cahya Dewi siswi kelas X MIPA 5 kelahiran Denpasar 14 Januari 2006 ini berhasil menjadi Juara 3 dalam Lomba Dharma Wacana Tingkat Nasional setelah sebelumnya berhasil masuk 20 nominator Duta Dharma mengalahkan ratusan peserta lainnya dari seluruh nusantara.

Mengangkat tema Moderasi Beragama menghantarkan siswa SMA N 2 Abiansemal ini berhasil menjadi juara. Moderasi beragama sebagai salah satu program yang selalu digemakan oleh kementerian Agama untuk mewujudkan kerukunan guna mencegah perpecahan dan intoleransi beragama. Hal ini kemudian dikemas dengan apik oleh Guru tim pembina dalam mempersipkan naskah lomba. Selain itu, lomba yang dilaksanakan secara online ini melibatkan tim DWISMA channel untuk menggarap videonya.

Dihubungi melalui via WA, Ayu (panggilan Ni Kadek Ayu Sri Cahya Dewi) menyatakan tidak menyangka akan mendapatkan juara. “kejutan sekali, udah lama sih nunggu pengumumannya, kemarin udah seneng masuk nominasi 20 besar,” diakui Ayu, persiapan sangat singkat termasuk penyusunan naskah dan latihannya.

Salah satu pembina, Ni Luh Erawati Setiawan,M.Pd.H membenarkan bahwa persiapan sangat singkat. tapi karena secara umum siswa memiliki bakat, jadi tidak menjadi halangan yang besar. Sebenarnya pihak sekolah menyipkan 3 peserta, namun 1 siswa gugur karena sakit saat pembinaan sehingga yang dikirim hanya 2 peserta dan kebetulan keduanya putri. tapi yang lolos di 20 besar hanya 1 siswa. “sesuai juknis yang kami dapat, karena lomba ini bersifat online jadi harus benar-benar dikemas isi, perfomance peserta dan editing video nya, harus menarik lah. kebetulan ini ayu kan bisa ‘megender’ jadi kita munculkan juga keahlian ayu sebagai opening” ucapnya. 

Baca Juga :  Perkembangan Kasus Naya, Butuh Unsur Nafsu Jerat Pelaku Ke Pelecehan Seksual

Sebagai sekolah yang baru merayakan ulang tahun ke-2nya september lalu ini, menjadi kebanggan untuk SMA N 2 Abiansemal dapat mengumpulkan berbagai prestasi baik bidang akademik maupun non akademik. ini akan menjadi sebuah bukti mutu dan kualitas pendidikan yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Tentunya kerja sama semua tim mengantarkan nama DWISMAN (SMA N 2 Abiansemal) semakin berkibar. (r)

Related Posts