October 27, 2024
Ekonomi

Sebut Petani Kopi Layak Dapatkan Hibah Konservasi, Amatra : Seteguk Kopi Sejuta Senyum Petani

Badung – kabarbalihits

Kopi adalah tanaman konservasi yang sekaligus memberikan manfaat ekonomis. Buahnya diminati para peminum kopi, sehingga sudah selayaknya petani kopi wajib mendapatkan dana hibah konservasi  dari pemerintah sebagai pejuang pelestarian alam. 

Selain itu untuk menjamin kelangsungan hidup petani kopi, sudah seharusnya pemerintah jugmembeli kopi yang dihasilkan petani, sehingga petani pun merasa nyaman berusahatani. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR RI Dapil Bali dari Fraksi Partai Golkar, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra ( Amatra) di sela-sela penyerahan bantuan budidaya lele melalui sistem Bioflok senilai Rp 800 juta untuk tiga kabupaten di Bali, Rabu (22/9).

“Kopi tanaman khas di pegunungan, sejak dahulu para leluhur kita menyelamatkan  pegunungan dengan menanam pohon kopi. Pohon kopi mempunyai peran hidroorologis yaitu akarnya mampu menahan air tanah ketika musim hujan dan mengeluarkan air secara perlahan disaat musim kemarau,”ujar Amatra, yang telah membina beberapa petani kopi di kabupaten Badung dengan memberikan pendampingan dalam memperluas  pemasaran hasil panen para petani kopi.

Pohon kopi kata Amatra, dalah tanaman konservasi yang sekaligus memberikan manfaat ekonomis. “Sedangkan buahnya diminati para peminum kopi. Sehingga sudah selayaknya petani kopi wajib mendapatkan dana hibah konservasi  dari pemerintah sebagai pejuang pelestarian alam,”harapnya.

Baca Juga :  Salut !! Pegadaian Dinobatkan Sebagai Salah Satu Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Tranformasi Bisnis

Ditegaskan politisi asal Jro Kawan Kerobokan Kuta Utara yang memasuki periode ke dua di DPR RI in, untuk menjamin kelangsungan hidup petani kopi sudah seharusnya pemerintah membeli kopi petani, sehingga petani merasa nyaman berusahatani,”ujarnya, sembari menyatakan salam Seteguk kopi sejuta senyum Petani. (kbh6)

Related Posts