October 14, 2024
Daerah Ekonomi

Amatra Gerakkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Budidaya Lele Sistem Bioflok di Jembrana

Jembrana -kabarbalihits 

Anggota DPR RI dari Dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) kembali menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui sektor perikanan ikan air tawar yakni budidaya lele di Desa Sangkar Agung Jembrana.

Pada Senin 20 September 2021 politisi Partai Golkar yang memasuki periode ke dua di DPR RI ini, melaksanakan   penyerahan bantuan bioflok dan penebaran benih lele sebanyak dua puluh empat ribu ekor kepada Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Air Mancur Desa Sangkar Agung Jembrana senilai 166.640.000 juta rupiah.

Dihadapan Plt. Kepala Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan Karangasem I Gusti Putu Agung, Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana, Anggota DPRD Jembrana dari Fraksi Golkar, Anggota DPRD Bali dari Fraksi Golkar yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jembrana Made Suardana, Bendesa Sangkar Agung, Anggota Pokdakan Air Mancur dan pengurus Semeton Amatra, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra mengatakan manfaat dan keuntungan budidaya dengan sistem bioflok.

“Dengan sistem bioflok ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapat. Diantaranya tidak memerlukan lahan yang luas,namun hasil produksinya maksimal,”ucapnya.

Budidaya ikan lele dengan sistem Bioflok ini nilai total investasinya 200 juta rupiah. Diharapkan pada bulan Desember 2021 Pokdakan Air Mancur akan meraup keuntungan bersih kurang lebih antara Rp.18.000.000 sampai dengan Rp.30.000.000.

Gus Adhi sapaan akrab Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra juga menyebut, mengkonsumsi ikan lele banyak manfaatnya bagi kesehatan. Diantaranya mencerdaskan daya otak, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, menyehatkan tulang, gigi, dan jantung, serta melindungi sistem saraf. 

“Dengan bioflok ini produksinya bisa lebih cepat, dan hasilkan daging yang lebih kenyal lebih enak,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Tabanan Ingatkan Ibu Hamil Untuk Selalu Menjaga Kehamilannya  

Ketua Pokdakan Air Mancur Eka Sastrawan menyampaikan terima kasih atas perjuangan Gus Adhi telah merealisasikan aspirasi kelompoknya.

“Kami sudah sepakat satu visi untuk kelola bantuan ini sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi anggota kelompok kami dan masyarakat Desa Sangkar Agung umumnya,” ucapnya.

Untuk diketahui Budidaya ikan lele sistem bioflok adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah budidaya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. (Kbh6)

Related Posts