September 17, 2021
Daerah Sosial

PSR Lanjutkan Roadshow di Karangasem, Nangkil di Pura Besakih Juga Bagikan Modal Usaha Ke Pedagang

Karangasem – kabarbalihits

PSR “Menyama Braya”, Roadshow Keliling Bali kembali berlanjut. Setelah melakukan kegiatan roadshow di Kabupaten Jembrana, Wakil Ketua Badan Kerjasama DPR RI Putu Supadma Rudana (PSR) berlanjut ke kabupaten/kota, Senin, (13/9), dengan nangkil (sembahyang) ke Pura Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Tak hanya nangkil di Pura terbesar di Bali dan Nusantara tersebut, PSR berkesempatan menyambangi pelaku usaha di Kawasan Pura Besakih.

Kehadiran PSR di Pura Besakih untuk kesekian kalinya sejak duduk di DPR RI. September Tahun 2017 saat Gunung Agung erupsi PSR nangkil sekaligus menyambangi pengungsi Gunung Agung, dengan memberikan bantuan sembako. Nah, saat nangkil Senin kemarin, tepat saat status Gunung Agung diturunkan levelnya dari level II (waspada) ke level I (normal) oleh Kementerian ESDM RI.

Sebelum memasuki Utamaning Mandala untuk sembahyang di Pura Besakih, PSR keliling di parkiran sembari membagikan modal usaha kepada pedagang canang, pedagang asongan, warung makanan. Puluhan pedagang canang menyambut kehadiran PSR. Bahkan belasan tukang foto (fotografer freelance, red) berebut mengambil gambar PSR. Saat itu juga politisi Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar ini membagikan bantuan modal. Setidaknya, ada 7 orang tukang foto ketiban rejeki nomplok yang diberikan PSR secara spontan itu.

PSR mengatakan dirinya lebih dulu menyambangi pedagang canang, pemilik warung hingga tukang foto yang mengandalkan kehadiran turis yang menggunakan jasa mereka. “Di tengah Pandemi Covid-19 ini, tukang foto, pelaku UMKM dan pedagang asongan terkena dampaknya. Kita membantu dengan modal usaha. Walaupun kecil, setidaknya mereka bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini,” ujar praktisi pariwisata yang juga Anggota Komisi VI DPR RI dapil Bali ini. 

Setelah menyambangi pelaku UMKM di Parkiran Pura Besakih dan tukang foto, PSR didampingi Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha melakukan persembahyangan bersama dengan Krama yang juga nangkil. PSR menegaskan sembahyang di Pura Besakih untuk nunas kerahayuan Jagat Bali. “Dengan sembahyang dan nunas ica (memohon anugerah) di Pura Besakih, Pandemi Covid-19 cepat berlalu, dunia ini kembali kepada situasi normal, ekonomi masyarakat Bali juga pulih,” ujar PSR. 

Usai sembahyang PSR menyerahkan Punia dan sembako kepada Jero Mangku dan Pengayah di Pura Besakih. Bantuan kepada Jero Mangku dan Pengayah ini juga sebagai bentuk kepedulian PSR untuk senantiasa dekat dengan masyarakat, setiap kunjungannya ke Bali. “Mohon maklum, walaupun cuma beras tetapi bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19 dengan ekonomi sulit. Lain kesempatan saya akan datang lagi,” ujar PSR kepada Jero Mangku dan Pengayah. (r)

Related Posts