June 14, 2021
Pendidikan

Pkm Unwar “Pemberdayaan PKK Tingkatkan Pendapatan Keluarga Pada Kube Manik Asta Gina di Desa Munggu”

Badung-kabarbalihits

Adanya program KUBE dari pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementerian Sosial RI, mendapat sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat, termasuk juga di dalamnya dari warga Desa Munggu. Salah satu KUBE yang masih aktif dan juga sebagai mitra masyarakat dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah KUBE Manik Asta Gina. KUBE Manik Asta Gina mulai aktif beroperasi mulai 10 Januari 2019, diketuai oleh ibu Ni Ketut Ayu Manik Suastini dan beralamat di Jl Raya Munggu, Br Perempatan Mengwi merupakan KUBE yang berfokus pada usaha jajan tradisional. Selama usaha ini dijalankan, dapat diidentifikasi berbagai permasalahan yang menimpa pada mitra yakni kurangnya daya beli mitra dalam membeli peralatan berakibat pada rendahnya kegiatan produksi, mitra belum memiliki pemahaman terkait dengan akuntansi baik dalam menentukan harga jual maupun cara mencatat transaksi serta mitra masih menggunakan sistem pemasaran dari mulut ke mulut,.

Hal ini memotivasi tim Pengabdian Masyarakat Unwar untuk hadir kembali menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Kube Manik Asta Gina Di Desa Munggu-Badung”.

Tim Pengabdian Masyarakat beranggotakan Dosen FEB Unwar yang diketuai oleh Anak Agung Ayu Erna Trisnadewi dengan Anak Agung Sri Purnami sebagai anggota serta didampingi oleh 2 orang mahasiswa menyampaikan bahwa KUBE merupakan program unggulan yang dicanangkan oleh Kementrian Sosial dalam rangka mengentaskan Kemiskinan. Hal ini merujuk kepada Permensos 2 Tahun 2019 tentang Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Bahwa KUBE sebagai upaya penguatan kapasitas masyarakat miskin dalam rangka menaikkan pendapatan serta kemampuan untuk berusaha sehingga nantinya kebutuhannya mampu dipenuhi secara mandiri.

Baca Juga :  Pariwisata Redup, SMK Pariwisata Dalung Gelar PKL di Hotel Berbintang

Untuk mengatasi permasalahan yang menimpa pada KUBE Manik Asta Gina, TIM PKM Unwar mengungkapkan bahwa pencatatan transaksi melalui pembukuan sederhana menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi masalah mitra. Bahwa akuntansi menjadi faktor penting dalam meningkatkan kegiatan usaha. Dengan akuntansi, para pelaku usaha dalam hal ini KUBE dapat segera mengetahui perkembangan usaha dengan efektif dan efisien. Ketika usaha masih skala kecil atau mikro, pencatatan akuntansi dapat dilakukan secara sederhana melalui nota penjualan.  Hal yang tidak kalah menariknya adalah pentingnya pemisahan pencatatan antara entitas dan kepentingan pribadi, sehingga data keuangan KUBE tidak berbaur dengan data keuangan keluarga. Berikutnya mitra diberikan pelatihan tentang bagaimana cara mencatat pembukuan secara sederhana.

Pemaparan Materi dan Pelatihan Pembukuan Sederhana UMKM

Pemaparan Materi dan Pelatihan Pembukuan Sederhana UMKM

Selain memberikan penyuluan dan pelatihan pembukuan sederhana UMKN, Tim PKM Unwar juga memberikan penyuluhan tentang promosi usaha dengan menempel stiker usaha di dalam kemasan produk. Bahwa program promosi dengan penempelan stiker usaha pada kemasan produk mendapat sambutan hangat dari mitra, mengingat promosi dengan model begini sifatnya sederhana, dengan harapan nama Mitra menjadi lebih dikenal. Program promosi lewat penempelan stiker usaha, dapat dengan mudahnya mengingat nama toko dan juga nomor Telpon, sehingga lebih mudah untuk melakukan pemesanan. Program ini cukup untuk membantu meningkatkan omzet, walaupun tidak setiap hari ada order langsung melalui telpon, karena sebagian juga melalui penjualan langsung dari konsumen termasuk juga konsumen diluar desa Munggu.

Pemaparan Materi dan Pelatihan Promosi Usaha

Pemaparan Materi dan Pelatihan Promosi Usaha

Kegiatan PKM ini diakhiri dengan  memberi   bantuan   berupa   peralatan   untuk mendukung    kegiatan    operasional    Mitra  KUBE Manik Asta Gina serta foto  bersama. Bantuan  ini  diserahkan  langsung oleh Ketua  Tim  PKM  kepada  Ketua  Kelompok KUBE Manik Asta Gina. Semoga dengan pemberian  bantuan  ini  dapat  meningkatkan produktivitas hasil produksi jajan tradisional. (r)

Related Posts