August 1, 2021
Daerah Sosial

Sambut Hut Ke-11, Bankomdes Guwang Gelar Kegiatan Sosial Pembersihan Lingkungan Desa

Gianyar – kabarbalihits

Serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 11, Bantuan Komunikasi Desa (Bankomdes) Guwang Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar menggelar aksi sosial berupa gotong royong pembersihan lingkungan Desa Guwang, Minggu 6 Juni 2021.

“Kami ingin membuktikan atau memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Bankomdes Guwang tidak saja “cuap-cuap di udara” lewat radio HT namun  juga bisa berkintribusi kepada desa kami. Salah satunya membersihkan lingkungan,”ujar Ketua Bankomdes Guwang, A.A Gede Oka.

Bankomdes Guwang lanjut Agung Gede Oka, selama ini juga telah aktif dalam berbagai kegiatan sosial, termasuk sebelumnya ikut aktif dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Agung beberapa tahun lalu khususnya dalam membantu pengungsi untuk koordinasi melalui komunikasi di lapangan Sutasoma Sukawati yanh dijadikan tempat penampungan pengungsi.

“Anggota kami berjumlah 70 orang, semuanya memiliki pesawat radio. Bahkan anggota kami bisa menjangkau hingga ke luar provinsi dalam berkoordinasi,”bebernya.

Agung Gede Oka juga menegaskan komitmennya bahwasannya anggota Bankomdes Guwang menyatukan hobi dengan keseriusan dalam hal membantu aparat  dinas dan adat membangun Desa Guwang.

“Di adat kami juga aktif berkontribusi, misalkan pada kegiatan upacara pengabenan, piodalan kami juga dilibatkan dalam koordianasi untuk memfasilitasi komunikasi,” terangnya sembari menyebut dalam mempererat  soliditas Bankomdes juga dibentuk suka duka antar anggota termasuk adanya iuran sebesar Rp 5000 perbulannya. Dana tersebut nantinya dipergunakan untuk keperluan anggota yang mengalami sakit maupun meninggal dunia. Melalui momentum Hari ulang tahun ke- 11 ini, Agung Gede Oka berharap Bankomdes Guwang dapat menjalin hubungan lebih erat khususnya antar anggota.

“Kami juga seperti warga masyarakat lainnya, yang punya kesibukan dan hobi. Dengan hobi ini yang kami lakukan saling bertegur sapa di udara, kami ingin berkontribusi berbagi informasi yang sekiranya perlu kami sampaikan ke berbagai pihak, baik desa adat maupun desa dinas. Hal ini sekaligus untuk menangkal berita Hoaks,”harapnya.

Perbekel Guwang Anak Agung Alit menyampaikan apresiasi atas kegiatan sosial pembersihan lingkungan desa yang dilakukan Anggota Bankomdes Guwang.

“Dengan bersih desa ini tentu, Desa Guwang akan terlihat lebih asri terlebih Desa Guwang juga memiliki beberapa obyek wisata, ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Guwang,”ujarnya.

Anak Agung Alit juga mengakui Anggota Bankomdes Guwang telah banyak membantu berbagai kegiatan di desa salah satunya bersinergi dengan Linmas dalam pelaksanaan jalan sehat maupun pemantauan yang dilakukan Satgas Covid-19 di Desa Guwang melalui komunikasi lewat pesawat radio yang dimilikinya.

“Bahkan beberapa waktu lalu ada warga yang terpapar Covid-19, Bankomdes juga aktif memberikan bantuan sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri tersebut,hal itu sangat luar biasa dan saya memberikan apresiasi “bebernya.

Sementara, salah seorang anggota Bankomdes Guwang, Kadek Mudita menyatakan  manfaat yang luar biasa yang diperolehnya setelah  bergabung menjadi anggota Bankomdes salah satunya nisa membantu pemerintahan Desa Guwang dalam menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya juga berharap Bankomdes benar- benar mampu mewujudkan dirinya sebagai corongnya desa dalam memberikan informasi maupun masukan untuk kemajuan desa,” harapnya.

Sementara pada puncak ulang tahun  Bankomdes Guwang yakni 8 Juni mendatang akan digelar persembahyangan bersama di Radio Pemancar Ulang (RPU) di Desa Guwang yang akan diikuti oleh pengurus untuk membatasi kerumunan di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini. (kbh6)

Related Posts