October 27, 2024
Daerah Politik

Golkar Bali Komit Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Bali, Dukung dan Beri Masukan Revisi UU 33/2004

Denpasar-kabarbalihits

DPD Partai Golkar Provinsi Bali terus menggali  mematangkan masukan untuk bahan revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah (UU 33/2004), setelah sebelumnya menggelar webinar dan hasilnya dirangkum dalam sebuah buku, pada Senin 10 Mei 2021 kembali di gelar Webinar untuk membedah buku tersebut

Yang bertajuk “Mewujudkan Keadilan dan Keselarasan Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Daerah lainnya melalui Revisi UU Nomor 33 Tahun 2004 ” yang dilakukuan secara online dan offline di Kantor DPD Partai Golkar Bali di Jalan Surapati Denpasar.

Webinar dibuka Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Made Dauh Wijana, Ketua Tim Webinar Partai Golkar sekaligus Moderator dalam Webinr ini Dewa Suamba Negara didampingi Sekretaris Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati, serta jajaran pengurus DPD Partai Golkar Bali.

Webinar bedah buku menghadirkan pembedah, antara lain Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T.; Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, S.E., M.M.; Guru Besar Fakultas Hukum Unwar Prof. Dr. I Made Suwitra, S.H., M.H.; Dosen Fakultas Hukum Unud Dr. Jimmy Z. Usfunan, S.H., M.H., dan Sekretaris Pasca Sarjana Unwar Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si.

Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T. memberikan apresiasi atas  langkah yang dilakukan DPD Partai Golkar Bali dalam mewakili aspirasi masyarakat Bali.

“Golkar Bali telah mengambil langkah positif penting mewakili aspirasi seluruh masyarakat Bali,” kata Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T.,”ujarnya.

Upaya ini juga dinilai menunjukkan keseriusan Golkar Bali untuk berada di garda terdepan memberikan kajian yang komprehensif secara akademis dari aspek hukum maupun politik untuk memperjuangkan hak-hak Bali mendapatkan dana perimbangan dari sektor pariwisata.

Webinar bedah buku diharapkan semakin memantang konsep ide gagasan yang tertuang dalam buku ini untuk selanjutnya menjadi bahan rekomendasi Golkar Bali untuk penyusunan materi revisi UU 33/2004.

“Kami apresiasi rekomendasi dalam buku ini. Terima kasih Golkar Bali jadi pioner wakili aspirasi dan kepentingan masyarakat Bali dengan memberikan kajian, masukan dan rekomendasi terkait revisi UU 33/2004,” kata Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Politisi Golkar ini juga berharap nantinya revisi UU 33/2004 harus sinkron dengan UU Cipta Kerja yang telah disahkan dan RUU Provinsi Bali yang telah diajukan untuk bisa dibahas di DPR RI. Hal penting lainnya yang ditekankan adalah pembagian dana perimbangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah agar benar-benar mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Belajar dari UU 33/2004 ini, bagaimana ketika pengelolaan hasil dari potensi daerah seluas-luasnya dikembalikan pada kepentingan rakyat. Itu yang harus ada dalam revisi  UU 33/2004. Seluruh dana perimbangan harus dinikmati oleh rakyat bukan oleh kelompok tertentu, agar tidak ada reaksi protes seperti daerah yang melaksanakan otonomi khusus,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Jadi Pembicara Pada Webinar Leader Talk "Pariwisata Bali Menuju New Normal"

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry mengungkapkan webinar ini merupakan kelanjutan webinar tahap pertama untuk menggali masukan terkait usulan revisi UU 33/2004 sehingga ada sejumlah pokok pikiran yang kembali dibedah dan dimatangkan dalam webinar kedua ini. 

“Yang kami harapkan kepastian perimbangan keuangan itu agar menjadi hak. Jadi revisi UU 33/2004 agar bisa memberikan kepastian hak dana perimbangan untuk Bali,” ungkap Sugawa Korry yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Sugawa Korry menyampaikan terima kasih atas sumbangsih pemikiran dari masyarakat Bali melalui Partai Golkar juga kepada seluruh narasumber, penanggap dan pembedah buku dalam webinar serta peserta webinar. 

“Ketua Komisi II DPR RI jelas tegas menyatakan dalam pandangan beliau bahwa buku cukup bagus dan disempurnakan lagi. Kedua golkar bali telah lakukan langkah strategsi sebagai pelopor bagaimana aspirasi masyarakat Bali dijembatani secara konsisten dan ilmiah dengan melibatkan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Bali dan sudah tentu hasil webinar bedah buku akan disempurnakan,” papar Sugawa Korry.  

Apresiasi juga disampaikan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undiknas Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, S.E., M.M. “Kami senang Golkar Bali kaji ilmiah rencana revisi UU 33/2004. Jarang partai begini, bukan hanya yang pro yang kontra juga diundang,” kata Prof Raka yang memberikan sejumlah kritik dan masukan dalam webinar bedah buku ini, salah satunya mengenai misskonsepsi tentang devisa pariwisata. (kbh6)

Related Posts