October 14, 2024
Politik

Totalitas Angkat Potensi Kopi Lokal, PDI Perjuangan Badung Gelar Lomba Barista Kopi

Badung – kabarbalihits

Meski sebelumnya sempat dinyatakan tidak menggelar lomba Barista Kopi Bali serangkaian HUT PDI Perjuangan ke -48, Pewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Badung membantah hal tersebut. Hal ini dibuktikan kader Banteng Moncong Putih, dibawah Komando Ketua DPC Nyoman Giri Prasta melaksanakan Lomba tersebut secara totalitas, pada Sabtu 17 April 2021 bertempat di pabrik coklat POD di Desa Werdhi Bhuana, Kecamatan Mengwi. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan, melalui lomba Barista Kopi Bali sekaligus rangkaian Bulan Bung Karno, pihaknya ingin membumikan Barista di Kabupaten Badung dan Provinsi Bali sehingga nantinya para peserta Barista Kopi ini mampu membuat salah satu produk unggulan Badung. “Sudah barang tentu saya sebagai pimpinan di Kabupaten Badung akan memfasilitasi termasuk penguatan modalnya,”ujarnya.

Giri Prasta yang juga menjabat Bupati Badung ini kembali menegaskan dukungannya kepada petani kopi khususnya juga telah diwujudkan sebelumnya melalui peringatan hari kopi sedunia di Puspem Badung sehingga sudah terbentuk klasifikasi Kopi di Kabupaten Badung.”Bahkan salah satu Petani Kopi di Banjar Bon Pelaga telah melakukan ekspor Kopi. Saya ingin dengan Barista ini kita betul-betul bisa mix sehingga ada ciri khas di Kabupaten Badung,”jelasnya.

Bukti komitmen dukungan kepada para peserta Barista yang telah turut serta membumikan Barista di Badung, Giri Prasta memberikan dana motivasi kepada 7 orang peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba Barista kopi Bali ini masing-masing satu juta rupiah.

Tak hanya itu Politisi PDI Perjuangan asal Desa Pelaga yang dikenal Bares ini juga memberikan tambahan hadih 5 juta rupiah kepada juara 1 lomba Barista kopi Bali ini.”Ini adalah motivasi kepada para peserta. Karena Juara 1 ini akan menjadi duta Badung dalam lomba Barista di tingkat Provinsi Bali semoga mampu mengakselarsi diri dan menjadi juara,”harapnya.

Hal senada ditegaskan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung Putu Parwata yang mengatakan lomba Barista Kopi Bali merupakan program DPD PDI Perjuangan Bali yang dikemas DPC PDI Perjuangan Badung dengan sebaik mungkin sebagai wujud komitmen bahwa PDI Perjuangan Badung berada dalam satu rampak barisan karena itu semua program yang telah dicanangkan telah dikerjakan dengan serius.

“Hari ini kami memberikan apresiasi kepada seluruh kawan-kawan pengurus DPC PDI Perjuangan Badung, Fraksi PDI perjuangan di DPRD Badung, panitia, perwakilan DPD PDI Perjuangan Bali serta secara khusus kepada Gung Trimafo Yudha yang telah memfasilitasi tempat yakni Pod Chocolate sangat luar biasa, bagus sebagai cerminan eco tourism yakni pengembangan coklat dengan kopi,”ujarnya.

Secara khusus Putu Parwata politisi yang digadang-gadang maju menjadi Bupati Badung pada Pilkada tahun 2024 ini, menyatakan ada hal yang terpenting dalam lomba Barista Kopi Bali ini yakni input,output serta outcome dalam pelaksanaan lomba ini.

“Secara input adalah memberikan sosialisasi terhadap produk-produk yang ada di Kabupaten Badung, sebagai output adalah pembelajaran bagi kita bagaimana mengembangkan suatu produk, input-nya supaya seluruh produk yang dibuat khususnya barista ini, digemari oleh anak-anak muda kemudian bisa memberikan promosi juga kepada para tamu atau tourism yang ada. Lomba barista ini harus mampu menciptakan entrepreneurship yang kuat di Badung untuk mempromosikan produk kopi yang terbaik juga ada di Badung. Sehingga produknya bisa dipromosikan sebagai kopi lokal, entrepreneur terbentuk serta ini menjadi ketok tular bagi generasi yang lain, bahwa ini sesuatu yang baik dan menjanjikan,” tegasnya.

Baca Juga :  Lestarikan Tradisi dan Berbagi, Gus Adhi Amatra Kembali Bagi Daging Babi Sambut Hari Raya Kuningan

Ketua Panitia lomba Barista Kopi Bali DPC PDI Perjuangan Badung Made Suwardana dalam laporannya menyampaikan permohonan maaf atas baru terselenggaranya lomba barista ini di Kabupaten Badung. “DPC PDI Perjuangan Badung hanya mengundur lomba ini menunggu waktu yang tepat karena saat Pelaksanaan Lomba Barista secara serentak, di Badung sedang diterapkan PPKM dan saat itu  angka Positif Covid-19 sedang tinggi -tingginnya,”terang Suwardana yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung. 

Adapaun Barista yang tampil sebagai Juara I dalam lomba Barista Bali tingkat Kabupaten Badung adalah duta dari Kecamatan Abiansemal yakni AA Aditya Putra Dharma dengan membawa pulang hadiah keseluruhan sekitar 11 juta rupiah. (kbh6)

Related Posts