October 27, 2024
Ekonomi

Staycation Semakin Diminati Turis Lokal, Transaksi Booking Akomodasi Bali di Tiket.Com Meroket 5 Kali Lipat 

Badung – kabarbalihits

Bisnis Hotel dan Akomodasi di Indonesia bagian timur, terutama bagi Pulau Bali, berdasarkan catatan data pada Q3 ke Q4 tahun 2020, tiket.com terus memecahkan rekor dan mencetak prestasi dalam pencapaian penjualan dan pemesanan hotel. Dimana, tingkat recovery okupansi hotel terus mengalami lonjakan sebesar 122%. Sedangkan kontribusi bisnis Akomodasi secara keseluruhan melonjak sebesar 118%, termasuk didalamnya, kategori non hotel accommodation (NHA). Hal tersebut  disampaikan Area Manager East Indonesia, tiket.com, Rajasa Hadisoemarto, saat Media Group Discussion, Selasa (30/3) di Kuta.

Pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia pun sudah mengarah ke arah positif, terutama di Pulau Bali. “Kami mencatat bahwa angka pemesanan hotel di Pulau Bali naik sebesar 555% atau lebih dari 5 kali lipat dari Q3 ke Q4 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel,” ujarnya.

Dikatakannya, sejak terjadinya pandemi, fokus utama tiket.com adalah untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. Berbagai upaya dan inovasi pun ditempuh oleh tiket.com sebagai manifestasi nyata komitmen dan janji tersebut. Salah satunya adalah fitur tiketCLEAN. “tiketCLEAN ini merupakan solusi cerdas dari tiket.com dalam mendukung program pemerintah dalam menekan laju angka Covid-19, sembari turut mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia,” terangnya.

Label tiketCLEAN lanjut dia, diberikan oleh tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Khusus di Pulau Bali, lebih dari 1.500 hotel telah berlabel tiketCLEAN. “Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN pun bertumbuh rata-rata 40% per kuartal,” tambah Rajasa.

Baca Juga :  Hadiri Pembukaan Sekolah Lapang Iklim Operasional di Subak Tibu Beleng Mendoyo, Gus Adhi : Jaga Alam Untuk Antisipasi Perubahan Iklim

Pihaknya meyakini, kehadiran informasi hotel berlabel tiketCLEAN bagi pengguna aplikasi tiket.com akan membantu mempermudah pengambilan keputusan bagi konsumen yang hendak mencari akomodasi. “Bagi mitra hotel yang telah memperoleh label tiketCLEAN, selain terlihat dalam aplikasi tiket.com, label tiketCLEAN pun terletak di front desk mitra hotel, sehingga pengunjung atau calon tamu yang bukan pengguna tiket.com, dapat merasa lebih nyaman dan tentram menetap di hotel tersebut,” yakinnya. (kbh6)

Related Posts