August 13, 2022
Daerah Politik

SOKSI Z Kabupaten Buleleng Resmi Dikukuhkan, SOKSI Milenial Dibekali Pelatihan Pertanian

Buleleng-kabarbalihits

Jajaran pengurus Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Z se-Kabupaten Buleleng dikukuhkan yang diawali dari Kecamatan Banjar, Buleleng.

Pengukuhan resmi dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) XXI Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, MH. 

SOKSI Z merupakan kaum muda yang beranggotakan dari generasi Z, dimulai dari siswa SMA/SMK sederajat hingga mahasiswa perguruan tinggi. Pengkaderan SOKSI milenial tersebut berlangsung di Bali Lovina Beach Cottage, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng Sabtu (27/2).

“Kita melakukan pengukuhan terhadap adik-adik kita yang tergabung pada SOKSI Z merupakan upaya kita dalam melaksanakan kaderisasi, dalam upaya kita menyiapkan masa depan bangsa” Ucap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) XXI Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra.

A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra yang populer disapa Gus Adhi melanjutkan, SOKSI merupakan organisasi pencetak kader, dimana pengukuhan ini sebagai bentuk konkret dalam mewujudkan organisasi pencetak kader tersebut, dan kedepannya SOKSI Z akan disiapkan dengan beberapa pelatihan. 

“Baik pelatihan di seremonial, MC dan sebagainya. Pelatihan di UMKM, dan di Bulan Maret dimulai tanggal 8 kita akan melaksanakan pelatihan pertanian. Kita akan laksanakan di 5 Kabupaten termasuk di Buleleng” Jelasnya. 

Pelatihan pertanian ini nantinya akan dilaksanakan di sebuah Hotel, sehingga menjadi tempat pelatihan yang nyaman bagi SOKSI Z. “Ini dalam upaya kita mempersiapkan SOKSI Z sebagai pelaksana pembangunan di daerah tersebut” Katanya. 

Dijelaskan, nantinya akan diberikan beberapa jenis pelatihan, dicontohkan seperti di Kabupaten Buleleng akan diberikan mekanisasi pertanian.

“Karena disini sangat bagus sekali areal pertaniannya, mengarah ke industri pertanian maka kita ngangkat modernisasinya itu. Di Jembrana kita angkat budidayanya, karena kita sudah melahirkan dua varietas unggulan. Varietas untuk diabet dan untuk menanggulangi stanting dan juga di tempat-tempat lain” Ujarnya. 

Baca Juga :  Layanan Data Seluler dan IPTV Dipastikan Padam Saat Nyepi, Ini Penjelasan Ketua PHDI Bali

Pada kesempatan tersebut, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang juga Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali juga menyampaikan ucapan selamat dan berpesan kepada Bupati dan Walikota bersama Wakilnya yang telah resmi dilantik. 

“Tatkala komputer negara ini heng, Bali merupakan daerah kunjungan wisata terindah, ternyaman, terdamai, mempunyai vibrasi lain dari negara lainnya. Untuk itu marilah kita bangkit bagaimana pentingnya kepala daerah mempunyai jiwa visioner membangun wilayahnya dengan mengedepankan kearifan lokal itu” Katanya. 

Gus Adhi berharap lebih banyak dan cepat terwujud adanya desa-desa wisata dan pertanian yang sesungguhnya. 

“Karena itu , Bali mempunyai keunikan dan kelebihan tertentu yang tidak ada di daerah lain. Dengan adanya subak, semakin banyak organisasi konkret yang ada dan kita laksanakan dengan pendampingan konkret, maka hasilnya juga konkret. Inilah penting sekali membangun Bali dengan jiwa yang sungguh-sungguh” Imbuhnya. 

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Pantau Langsung Penyerahan BLT

Sementara, Ketua DPD Golkar Buleleng, IGK Krisna Budi menyampaikan terima kasihnya karena mendapat dukungan dari Ketua Depidar SOKSI Bali yang juga sebagai Ketua Harian SOKSI pusat, dimana penguatan kader penting dilakukan untuk kebesaran partai Golkar kedepannya. Juga pentingnya diberikan pelatihan di bidang pertanian kepada SOKSI Z di Kabupaten Buleleng. 

“Penting kiranya, turunnya para anggota-anggota dewan kita terutama dari partai Golkar bahwa pentingnya kemandirian daripada pemuda-pemuda kita bahwa bertani adalah suatu pekerjaan yang sangat baik didalam mengembangkan jati diri dan secara ekonomi mampu memberikan taraf hidup para pemuda kita kedepannya” Ucapnya. 

Krisna Budi menilai animo para pemuda untuk terjun pada bidang pertanian sangat antusias, terbukti dengan kehadirannya pada pengukuhan dan pembekalan yang dilakukan oleh SOKSI di Kabupaten Buleleng. 

“Biasanya sih kita selalu melihat anak-anak muda kita nggak siap, tapi sebenarnya mereka siap. Kita aja yang harus memotivasi mereka bahwa kedepannya, kita sebagai orang tua mengharapkan kader-kader kita menjadi lebih kuat dalam mengarungi kehidupan ini” Ujarnya. 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI Kabupaten Buleleng Ketut Narendra mengatakan, pihaknya telah mempunyai program tahap pertama yakni membentuk SOKSI Z sebagai generasi penerus dan setiap pembelajaran akan dibina melalui pendampingan agar bisa menjadi kader-kader SOKSI muda yang tangguh. 

“Kita akan konsolidasi kepada anak-anak muda mengajarkan bagaimana cara berorganisasi, cara bermasyarakat, supaya menjadi kader-kader SOKSI yang tangguh” Jelasnya. 

Narendra berharap pada akhir tahun 2021, SOKSI Depicab Kabupaten Buleleng sudah mempunyai SOKSI Z diseluruh kecamatan di Buleleng. 

“Diawali dari Banjar dengan 210 anggota, yang lain nanti menyusul. Astungkara 2021 akhir Depicab Kabupaten Buleleng sudah mempunyai SOKSI Z diseluruh kecamatan” Harapnya. 

Ditambahkan, SOKSI Z Kabupaten Buleleng nantinya akan diarahkan ke bidang pertanian sesuai arahan yang diberikan.  

“Apalagi dalam situasi pandemi ini, hanya pertanian yang mungkin bisa untuk berlanjutnya kehidupan, itu yang difokuskan di pertanian” Imbuhnya. 

Ketua SOKSI Z Kabupaten Buleleng, Putu Artawan mengaku tertarik bergabung pada SOKSI Z karena ingin belajar berorganisasi dengan baik dan benar. “Supaya nanti dikemudian hari ada bekal saya untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi” Katanya. 

Baca Juga :  Pemberian Dana Motivasi ST dan Yowana di Badung, Parwata Sebut Rangsangan Untuk Generasi Muda Dalam Berkreativitas

Sementara, Dewa Ayu Rosiani sebagai Ketua SOKSI kecamatan Banjar mengatakan, kegiatan yang diberikan di SOKSI Z sangat bernilai positif, dan ia akan mengajak rekannya disetiap dusun siap diarahkan untuk menjadi lebih baik. 

“Kami tertariknya karena disitu, karena kegiatan-kegiatan itu positif untuk kami lakukan, dimasa pandemi ini juga nanti ada pelatihan, kami dari desa biar kami bisa ke jenjang lebih tinggi menjadi lebih baik” Ucapnya. 

Pada pengukuhan SOKSI Z Kabupaten Buleleng tersebut, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra tidak henti-hentinya memberikan semangat kepada generasi milenial, dengan meneriakkan yel-yel Tagline ‘Maju Terus Pantang Mundur’. (kbh1)

Related Posts