August 13, 2022
Daerah Ekonomi

Serahkan 1000 Bibit Tanaman Buah, SOKSI Bali Ajak Kelompok Tani Wanasari Berbenah 

Buleleng-kabarbalihits

Kembali Depidar SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Provinsi Bali melalui kerja nyatanya memberikan 1000 bibit tanaman buah. Dimana, bibit tersebut diberikan kepada Kelompok Tani Wanasari di Banjar Yeh Biyu, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada Sabtu sore (27/2).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) XXI Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) mengajak Kelompok Tani Wanasari untuk berbenah di bidang pertanian, mengingat potensi yang ada di Desa Patas dinilai sangat luar biasa. 

“Disini sebenarnya potensinya luar biasa, dari lokasi geografis sangat bagus disini apalagi tadi Made Sawitra ( Ketua Kelompok Tani Wanasari ) disampaikan sudah ada percontohan Durian. Ini artinya potensinya mendukung perlu kita tingkatkan keberadaannya dengan tata niaga yang lebih bagus” Ucap A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra usai penyerahan bibit tanaman buah di Desa Patas.

Menurutnya, subak abian yang sudah ada akan dirubah menjadi abian (kebun/ ladang) yang sebenarnya. “Kita harus rubah jadi benar-benar abian dan tadi masyarakat juga sependapat dan mau berubah dari kebiasaannya untuk melakukan pertanian di subak pertanian jadi lebih baik,” Tegasnya. 

A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra yang juga Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali menilai mewujudkan subak abian yang benar-benar abian yakni dengan mengatur tata letak tanaman, dan pengklasteran jenisnya yang dapat meningkatkan hasil pertanian. 

“Ini jenis durian, ini jenis manggis, dan sebagainya. Jadi kalau seperti sekarang bukan abian namun alas (hutan), jadi tata letak pohon tidak rata dan jenis pohonnya berbagai macam yang tidak saling mendukung diantara lainnya, sehingga hasil dari pertanian itu tidak maksimal” Ungkapnya. 

Ditambahkan, tidak menutup kemungkinan, subak abian ini akan menambah varietas dari buah lokal yang nantinya dapat diekspor ke beberapa negara. 

“Contohnya manggis itu sudah pasti kita ekspor ke china, dan sebagainya, alpukat itu sudah menjadi kebutuhan sekarang. Kebutuhan nasional jauh sekali kekurangannya, ini perlu kita tingkatkan secara lebih maksimal dengan pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal tepat guna dan tepat sasaran yang juga menjadi tepat hasil dalam peningkatan ekonomi kerakyatan” Imbuhnya. 

Baca Juga :  Gus Adhi Kembangkan Rumah Lobster Untuk Majukan Perekonomian, Ketum Golkar Airlangga Hartarto: "Yang Mampu Gerakkan Ekonomi Jadi Hero"

Ketua Kelompok Tani Wanasari, I Made Sawitra mengaku senang dan menyampaikan terima kasih kepada jajaran SOKSI Bali, telah diberikan bibit tanaman buah yang nantinya akan ditanam dan dirawat bersama anggota lainnya. 

“Terima kasih kepada bapak-bapak sekalian sudah memberikan bibit yang bagus. Memang itu yang saya butuhkan” Ucapnya. 

1000 Bibit tanaman buah yang diberikan kepada kelompok tani Wanasari yakni jenis bibit tanaman buah Durian, Mangga, dan Alpukat.

Related Posts