October 27, 2024
Sosial

Pelantikan Depicab SOKSI Tabanan, Gus Adhi : SOKSI Berperan Kembangkan Potensi Daerah

Tabanan – kabarbalihits

Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Bali, dibawah Komando ketua Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra)  terus melaksanakan konsolidasi dan eksistensi organisasi melalui pengukuhan dan pelantikan pengurus.

Setelah melalui Musyawarah Cabang (Muscab) akhirnya kepengurusan SOKSI hingga tingkat kecamatan di Bumi lumbung Beras Tabanan pun terbentuk. Pengukuhan dan Pelantikan dilaksanakan secara serentak di Sesandan Garden Megati Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan, Minggu (21/2).

Adapun kepengurusan yang dibentuk yakni, Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan, pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (Depiancab) SOKSI seluruh Kecamatan di Kabupaten Tabanan, pengukuhan dan pelantikan tunas muda SOKSI yakni SOKSI Z Kabupaten Tabanan, Satgas Baladhika Karya Kabupaten Tabanan dan Amatra Cycling Club (ACC) Kabupaten Tabanan.

Dalam sambutannya Ketua Depidar SOKSI Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra menegaskan penting sekali SOKSI berperan dan bersinergi dengan masyarakat  khususnya generasi muda sesuai potensi yang dimiliki di daerah ini. Lebih lanjut Gus Adhi sapaan Akrab Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra memaparkan Desa Megati dengan keindahan panora alam yang dimiliki diantaranya air terjun, sawah, terasering yang diengkapi dengan jalan setapak untuk bersepeda menjadikan Desa Megati sangat cocok untuk dikembangkan menjadi sport tourism berkelas.

Hal ini pun tentu menjadi bagian dari delapan Gerakan Aksi SOKSI membangun yakni Aksi Ekonomi. Sehingga dalam waktu dekat untuk mempromosikan potensi sport tourism di Desa Megati ini, SOKSI Bali, SOKSI Tabanan bersama ACC SOKSI Bali dan ACC SOKSI Tabanan akan menggelar event Gowes atau bersepeda bareng dengan konsep fun bike dan kemah bersama.

“Kita akan rencanakan kegiatan ini, waktunya setelah hari Raya Nyepi antara di pertengahan April hingga Mei 2021 dan mudah-mudahan pandemi covid segera mereda,” ujar Gus Adhi yang juga menjabat Ketua Harian  Dewan Pimpinan (Depinas)  SOKSI ini.

Gus Adhi Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Golkar ini juga menyebut Kabupaten Tabanan memiliki  keunikan yang patut dibanggakan subak di Tabanan menjadi Warisan Budaya Dunia. Menurutnya Tabanan memiliki semua, yakni laut, danau dan gunungnya. Istilahnya Tabanan ini  Nyegara Gunung, jadi potensinya luar biasa.

“Daerahnya luar biasa maka masyarakatnya juga harus luar biasa dan harus lahir  produk-produk unggulan di setiap kecamatan,” tegasnya sembari mencontohkan Kecamatan Pupuan terkenal dengan kopinya 

Baca Juga :  Jajaki Kerjasama, Ogawa livestock Holding Company Jepang Berkunjung ke FKH UNUD

Hal senada disampaikan Ketua Depicab  SOKSI Kabupaten Tabanan Bagus Putu Ngurah Tenaya yang menyatakan, melalui SOKSI pihaknya sudah memformat bahwa setiap kecamatan di Kabupaten Tabanan harus menemukan potensi keunikan masing-masing. Dan itu harus menjadi produk unggulan, pilot project sebelum mengarah ke program-program yang lain.

“Contohnya kecamatan Baturiti dengan pertanian sayut mayur dan buah-buahan dan di Kecamatan Penebel juga luar biasa potensinya yakni pariwisata dan pertanian,” bebernya sembari mengatakan jika ada kesamaan potensi pada kecamatan harusnya punya antusias untuk membuat pilot project.

Usai Pengukuhan dan pelantikan pengurus tersebut, Depicab SOKSI Kabupaten Tabanan langsung melaksanakan Rakerda untuk menggodok program kerja nyata untuk masyarakat dalam upaya menghasilkan produk unggulan pada setiap kecamatan yang ada di Tabanan. (kbh6)

Related Posts